VIDCON PUNCAK PELAKSANAAN HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) TAHUN 2021

Kamis, (9/9/2021) Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Pemerintah Kabupaten Tulungagung menghadiri kegiatan Vidcon Puncak Pelaksanaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2021 oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Acara yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB, dihadiri oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Jajaran Forkopimda Tulungagung, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, beberapa Asisten dan Staf Ahli Kabupaten Tulungagung, serta Kepala Perangkat Daerah terkait.

Tema untuk Haornas ke-38 ini adalah Desain Besar Olahraga Nasinal (DBON) Menuju Indonesia Maju karena rencananya Desain Besar Olahraga Nasional akan dimulai dan diimplementasikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

DBON adalah sebuah rumusan untuk membentuk atlet-atlet berprestasi yang dimulai sejak kecil dengan sistem perkembangan atlet di Indonesia jelas agar bisa menemukan bakat yang terpendam. Selama ini Indonesia tak memiliki sistem yang jelas dalam membangun olahraga nasional. Jadi, karena itulah DBON pun dibentuk agar Indonesia memiliki sistem olahraga nasional yang jelas.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko widodo menyampaikan, akibat pandemi COVID-19 ini berbagai kompetisi olahraga nasional dan internasional harus ditiadakan, harus di-reschedule ulang. Tentu saja hal ini kurang menguntungkan bagi dunia olahraga kita. Tetapi kondisi ini memberikan kesempatan kepada kita semua untuk melakukan rebooting, untuk melakukan restart untuk merancang ulang ekosistem olahraga nasional kita secara besar-besaran.

“Dalam peringatan Hari Olahraga Nasional kali ini mengajak bapak-ibu dan saudara-saudara semuanya, para insan olahraga untuk secara serius melakukan refleksi, melakukan evaluasi diri dan kemudian menyiapkan langkah-langkah besar untuk melakukan lompatan-lompatan besar demi kemajuan dunia olahraga kita, “ujarnya.

“Selamat Hari Olahraga Nasional, jadikan olahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat kita, masyarakat sehat, negara kuat, dan ingat selalu terapkan protokol kesehatan, karena covid-19 belum sepenuhnya hilang, jangan lengah, dan tetap hati-hati, “pungkasnya.