VAKSINASI MASAL OLEH HIMPUNAN PENGUSAHA MUDA INDONESIA BERSAMA PERUSAHAAN ROKOK MARGANTARA JAYA PS TULUNGAGUNG

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bekerja sama dengan Perusahaan Rokok Margantara Jaya PS Gesikan Pakel Tulungagung menggelar Vaksinasi Masal, yang bertempat di Pabrik Rokok Margantara Jaya PS Desa Gesikan, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, dengan tujuan mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi, pada hari Kamis, (14/10/2021) yang dimulai pukul 08.00 WIB.

Kegiatan vaksinasi ini dihadiri oleh Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung, yakni Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Ketua HIPMI Kabupaten Tulungagung Aminudin, Direktur Utama PR. Margantara Jaya PS Suharti, serta Perangkat Daerah terkait.

Menurut laporan Ketua Umum HIPMI Aminudin, selaku Ketua Panitia menyampaikan, kegiatan vaksinasi masal secara langsung ini bisa diberikan dosis pertama dan dosis kedua, dengan persyaratan apabila telah mendapat vaksin dosis pertama, bisa langsung mendapatkan vaksin dosis kedua dengan catatan membawa bukti telah divaksin dosis pertama, yang masa inkubasinya telah sesuai dengan ketentuan dan jenis vaksin yang diberikan.

Ketua Umum HIPMI menambahkan, bahwa vaksin yang diberikan merupakan vaksin jenis Aztrazeneca. Pihak penyelenggara sudah menargetkan sekitar 1500 dosis vaksin.

Sasaran program vaksinasi ini adalah para pekerja pabrik rokok Margantara Jaya PS serta masyarakat umum baik dewasa maupun anak-anak dengan minimal usia 12 tahun. Persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti vaksinasi ini antara lain membawa fotokopi KTP atau Kartu Keluarga. Peserta juga diharuskan mengikuti rangkaian proses pemeriksaan baik pemeriksaan data maupun kesehatan.

Antusias masyarakat sangat tinggi demi mendapatkan vaksinasi covid-19 ini, terlihat dari mereka yang berdatangan dan mengantri di petugas, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan yang unik dan spesial dari kegiatan vaksinasi ini, peserta selain mendapatkan vaksin, juga mendapatkan bingkisan, berupa beras 5 kg dan juga doorprize dari pihak panitia.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih, serta penghargaan yang tinggi kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan vaksinasi masal di PR. Margantara Jaya PS Desa Gesikan Pakel. Bupati juga mengapresiasi kegiatan vaksin ini, karena selain memberikan kesehatan, juga mendukung pemulihan ekonomi bagi warga, dengan memberikan bantuan beras dan bingkisan.
Bupati menambahkan, dengan adanya program vaksinasi seperti ini, Kabupaten Tulungagung sudah meraih target vaksinasi lebih dari 50%, sehingga tujuan demi terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat segera tercapai.

Diharapkan Kabupaten Tulungagung segera mengalami penurunan level, dan juga semoga kedepannya kegiatan vaksinasi yang dipelopori oleh HIPMI dan PR. Margantara Jaya PS bisa menginspirasi kelompok/komunitas lainnya utk melaksanakan kegiatan vaksinasi serupa, demi terwujudnya program pemerintah dalam rangka herd immunity.
Kegiatan ini juga dilaksanakan vaksinasi dan penyerahan santunan secara simbolis kepada perwakilan dari Pelajar/Remaja, Pegawai Pabrik dan juga Lansia, yang ditinjau langsung oleh Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung, yakni Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung.