TINJAUAN LAPANGAN DALAM RANGKA PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dispendikpora) Kabupaten Tulungagung melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), yang merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, baik pada jenjang dasar maupun menengah.

Dalam rangka kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Tulungagung, pada hari ini Selasa, (5/10/2021) mulai pukul 10.30 WIB melaksanakan peninjauan langsung oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung Rahardi P. Bintara, dan Perangkat Daerah terkait ke sekolah, dengan tujuan memeriksa pelaksanaan ANBK.

Adapun lokasi kunjungan yang dituju yaitu, SMPN 1 Pagerwojo. Karena masih dalam masa pandemi covid-19, pelaksanaan ANBK di SMPN 1 Pagerwojo dilaksanakan oleh siswa kelas 9 sejumlah 45 siswa selama 3 sesi, yang setiap sesi terdiri dari 15 siswa. Perlu diketahui pelaksanaan ANBK, akan dilaksanakan menyeluruh setiap sekolah.

ANBK ini perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran terkait perkembangan teknologi informasi (TI).

Dalam pernyataan, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, menyampaikan terkait dengan perkembangan teknologi informasi, satuan mutu pendidikan perlu standarisasi untuk mendukung pengembangan kompetensi dan perbaikan mutu dan kualitas pembelajaran yang berbasis teknologi informasi, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Selanjutnya, Bupati Tulungagung menambahkan, diharapkan adanya pemerataan antara sekolah di perkotaan dan pinggiran terkait sarana prasarana, mutu, serta kualitas pendidikannya.