SOSIALISASI WASPADA COVID 19 DENGAN KOMORBIDNYA BAGI KADER PKK KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2021

Jum’at, (10/9/2021) Bertempat di Hotel Narita Tulungagung pada pukul 09.00 WIB, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung menggelar Sosialisasi Waspada Covid-19 dengan Komorbidnya bagi kader PKK yang ada di Kabupaten Tulungagung, utamanya bagi kader PKK Pokja IV.

Dalam acara yang diikuti sekitar 50 orang yang terdiri dari Pengurus TP PKK Kabupaten Tulungagung, Ketua TP PKK kecamatan dan Ketua Pokja IV Kecamatan se Kabupaten Tulungagung ini dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo.

Acara ini juga menghadirkan dua orang narasumber yang berasal dari RSUD dr. ISKAK Kabupaten Tulungagung (Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Nuraida Wisudani, Sp.PD) dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung (Kabid P2P Bapak Didik Eka S.P, S.KM, M.Si).

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo menyampaikan bahwa, angka kasus terkonfirmasi positif covid-19 sudah mulai menurun, baik secara nasional maupun global. Kabupaten Tulungagung saat ini masih masuk level 3. Hal ini menunjukkan bahwa Kabupaten Tulungagung masih belum dalam kondisi aman. Sehingga masih perlu kewaspadaan oleh semua pihak.

Dari segi riwayat penyakit penyerta (Komorbid) didapatkan penyakit kronis yang menjadi salah satu faktor yang memperparah kondisi pasien positif covid-19, seperti diabetes, hipertensi, gagal jantung, ginjal kronis, stroke dan jantung koroner.

Orang yang positif covid-19 dengan komorbid tidak selalu menimbulkan gejala, namun bisa menularkan kepada orang lain sehingga menimbulkan kekhawatiran pada masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa penyebaran virus ini sangat cepat di masyarakat karena mobilitas yang sangat tinggi di wilayah pandemi. Sehingga tidak dapat dikendalikan secara perorangan, mengingat penyebarannya tidak pandang status usia dan jenis kelamin. Oleh karena itu kelompok rentan di masyarakat seperti anak-anak, lansia dan kelompok masyarakat dengan komorbid penyakit kronis harus terlindungi dengan baik.

Acara ini juga bertujuan, agar kasus covid-19 bisa ditekan dan penderita yang beresiko tinggi, yaitu orang-orang dengan komorbid, anak-anak dan ibu hamil bisa lebih waspada terhadap covid-19. Oleh karena itu, menghimbau agar peranan para kader PKK dapat berpartisipasi secara aktif mendukung kegiatan ini di lapangan. Keberhasilan kegiatan ini, sangat ditentukan dengan kerjasama dari berbagai pihak