SOSIALISASI PENCEGAHAN KEJAHATAN SEKSUAL TERHADAP ANAK, BAGI KADER PKK DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Senin, (11/10/2021), bertempat di Barata Convention Hall Tulungagung yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tulungagung, melalui POKJA I, menyelenggarakan acara Sosialisasi Pencegahan Kejahatan Seksual terhadap Anak, bagi Kader PKK di kabupaten Tulungagung.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo. Serta diikuti oleh 50 undangan peserta yang terdiri dari unsur Ketua TP-PKK Kecamatan, Kader Pokja I TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Tulungagung, Pokja I TP-PKK Kabupaten, Ketua Pokja I, II, III dan IV serta Bidang Umum TP-PKK Kabupaten Tulungagung.

Ketua TP-PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo dalam sambutannya, beliau menyampaikan “Pencegahan Kejahatan Seksual terhadap anak dapat dilakukan secara dini, dengan memberikan pemahaman kepada anak tentang organ reproduksi secara bertahap sesuai perkembangan anak”.

Hal ini penting, mengingat bahwa kejahatan seksual terhadap anak akan berdampak panjang, baik berdampak pada masalah kesehatan di kemudian hari, juga berkaitan dengan trauma yang berkepanjangan, bahkan hingga dewasa.

Oleh karena itu, dalam memberikan perlindungan terhadap anak, perlu adanya pendekatan sistem, meliputi : (1) Sistem Kesejahteraan Sosial Bagi Anak dan Keluarga, (2) Sistem Peradilan yang sesuai dengan Standar Internasional, (3) Mekanisme untuk mendorong perilaku yang tepat dalam Masyarakat.

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi kader PKK, penyebarluasan informasi terkait kejahatan seksual, menumbuhkan kepekaan masyarakat terkait korban kejahatan seksual dan mengajak masyarakat berperan aktif dalam melindungi anak dari kejahatan seksual.  dengan menghadirkan narasumber dari Polres Tulungagung (IPTU Retno Pujiarsih, S.H.- Kanit. UPPA Sat Reskrim) dan dari Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dra. Nurul Hidayah, M.Kes. – Kabid. PPPA).