SOSIALISASI PEMBERDAYAAN LANSIA DALAM UPAYA MEWUJUDKAN LANSIA TANGGUH BAGI KADER PKK

Keluarga sebagai unit terkecil di dalam masyarakat ini perlu memperoleh pembinaan dan peningkatan di bidang kesejahteraan dan ketahanan dalam memenuhi kebutuhan materi, spiritual dan kebutuhan sosial.

Bila telah memasuki masa pralansia, maka keluarga perlu menyiapkan pralansia tersebut agar menjadi lansia yang sehat, aktif, mandiri dan produktif, sehingga mereka menjadi lansia yang tangguh.

Guna menambah wawasan bagi kader PKK yang ada di kabupaten Tulungagung utamanya kader PKK Pokja I maka, Kamis 09/09/2021, Pkl. 09.00 WIB bertempat di Hotel Narita Tulungagung digelar acara Sosialisasi Pemberdayaan Lansia dalam upaya mewujudkan lansia tangguh di Kabupaten Tulungagung.

Dalam acara yang diikuti sekitar 50 orang yang terdiri dari Pengurus TP PKK Kabupaten Tulungagung, Ketua TP PKK kecamatan dan Ketua Pokja I Kecamatan se Kabupaten Tulungagung ini dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo.

Acara ini juga menghadirkan dua orang narasumber yang berasal dari TP PKK Kabupaten Tulungagung (Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Titik Juariah) dan dari Dinas KBPP PA Tulungagung (Kabid Keluarga Berencana Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Bapak Drs. Ahmadi, MM).

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo berharap, dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa membuka wawasan peserta sosialisasi untuk lebih memahami apa itu pra lansia dan lansia, juga berbagai permasalahan lansia, khususnya Kader PKK supaya mampu membimbing dan memotivasi lansia disekitarnya agar potensi yang ada pada lansia tersebut dapat berkembang.

Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan sumberdaya manusia di kabupaten Tulungagung, meningkatkan komitment terhadap pelaksanaan program pemberdayaan khususnya keluarga kader PKK dan meningkatkan koordinasi serta singkronisasi khususnya pada pelayanan kegiatan pemberdayayaan lansia dalam upaya mewujudkan Lansia Tangguh di Masyarakat agar dapat berjalan dengan baik.

DIsela rangkaian acara, juga ditandai dengan penyerahan bantuan paket sembako berupa beras dari TP PKK Provinsi Jawa Timur, yang secara simbolis diserahkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, diterimakan kepada 4 orang penerima, yaitu dari Ketua TP PKK Kecamatan Tulungagung perwakilan dari wilayah kerja Tulungagung, Ketua TP PKK Kecamatan Karangrejo perwakilan wilayah kerja Kalangbret , Ketua TP PKK Kecamatan Bandung perwakilan wilayah kerja Campurdarat, dan Ketua TP PKK Kecamatan Ngunut perwakilan wilayah kerja Ngunut.