RAPAT PARIPURNA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG TENTANG PENYAMPAIAN NOTA KEUANGAN DAN RANPERDA PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2021

Sabtu, (11/9/2021) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung melaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Nota Keuangan dan Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Tulungagung Tahun Anggaran 2021.

Acara dilaksanakan di Ruang Graha Wicaksana Gedung DPRD Kabupaten Tulungagung mulai pukul 19.00 WIB. Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono, S.Sos, ini diikuti anggota DPRD sejumlah 37 orang dari 50 anggota DPRD Kabupaten Tulungagung. Quorum telah terpenuhi sesuai ketentuan Pasal 116 ayat (1) huruf b Peraturan DPRD Kabupaten Tulungagung Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Tulungagung.

Hadir dalam Rapat Paripurna Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, beberapa Asisten dan Staf Ahli, serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Tulungagung secara virtual.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya, menyatakan rasa terima dan penghargaan setingi-tingginya atas dilaksanakan rapat Paripurna ini, dan diterimanya Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021. Dalam kesempatan ini, Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 beserta lampirannya diserahkan sepenuhnya kepada Dewan yang terhormat untuk mengadakan pembahasan guna mendapatkan persetujuan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Latar belakang penyusunan perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, antara lain disebabkan karena : (1) Adanya perkembangan situasi dan kondisi yang tidak sesuai dengan asumsi Kebijakan Umum Anggaran, (2) Keadaan yang menyebabkan harus dilaksanakan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan, dan antar jenis belanja, (3) Keadaan sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya harus digunakan untuk pembiayaan dalam tahun anggaran berjalan.

Adapun perubahan Pendapatan dan Belanja Daerah dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Naiknya PAD yang bersumber dari naiknya Pajak Daerah, (2) Penambahan Belanja Daerah, yang diantaranya penanganan pandemi covid-19, jaringan pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi daerah, (3) Penyesuaian jenis, obyek dan rincian belanja yang berpedoman terhadap standar belanja dan konsistensi terhadap anggaran berbasis kinerja.
Selanjutnya, dalam rapat paripurna ini Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menyerahkan Nota Keuangan dan Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Tulungagung Tahun Anggaran 2021 kepada Ketua DPRD Tulungagung Marsono, S.Sos.