PERINGATAN HARI KOPERASI KE 74 DAN HARI UMKM KE-6 NASIONAL SERTA LAUNCHING WARUNG IKHLAS DI GEDUNG DEKOPINDA

Rabu, (6/10/2021) Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) melaksanakan launching Warung Ikhlas Koperasi Peduli dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke-74 dan Hari UMKM ke-6 Nasional di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso mulai pukul 10.00 WIB.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono, S.Sos, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Tulungagung Sofyan Heryanto, SE, Ketua Dekopinda Tulungagung H. Nyadin, MAP, beberapa Asisten dan Staf Ahli, Kepala Dinas Koperaai dan UMKM Kabupaten Tulungagung Dr. Slamet Sunarto, M.Si, Perangkat Daerah dan Stake Holder terkait.

Dalam peringatan Hari Koperasi ke-74 dan Hari UMKM ke-6 Nasional, dengan tagline “Untung Bareng Koperasi” itu, tidak lain dengan didasari semangat guna membangun kesadaran masyarakat bahwa Koperasi memiliki potensi untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Tulungagung dalam sambutannya menyampaikan, bahwa koperasi merupakan soko guru perekonomian masyarakat. Selain peningkatan ekonomi anggota, diharapkan juga menjadi lembaga sosial dan lembaga pendidikan bagi anggota serta masyarakat. Koperasi itu memiliki andil cukup besar untuk pembelajaran sekaligus mengentaskan kesenjangan sosial.

Di sela rangkaian acara, Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama Dekopinda Tulungagung menyerahkan bantuan secara simbolis paket sembako, yang diserahkan oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid-19, sebagai bentuk kepedulian, dan untuk meringankan beban masyarakat.

Selanjutnya dalam acara ini, Bupati Tulungagung Drs. Maryoro Birowo, MM bersama Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono, S.Sos, dan Ketua Dekopinda Tulungagung H. Nyadin, MAP melaunching “Warung Ikhlas Koperasi Peduli”, yang ditandai dengan menabuh gong di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan pemotongan pita di Kantor Dekopinda Tulungagung.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat didukung dan di apresiasi, karena Warung Ikhlas Koperasi Peduli ini dibuka sebagai bentuk kepedulian dan untuk meringankan beban masyarakat.

“Warung Ikhlas Koperasi Peduli tersebut merupakan awal dari kepedulian anggota Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tulungagung terhadap masyarakat yang terdampak pandemi covid 19”, ungkap Bupati.
Ketua Dekopinda Tulungagung H Nyadin, MAP menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung, karena telah mendukung  dengan melaunching Warung Ikhlas Koperasi Peduli.
Ketua Dekopinda Tulungagung menyampaikan, bahwa selama kurun waktu 2 hingga 3 bulan mendatang, setiap waktu makan siang, di kantor Dekopinda Tulungagung menyediakan aneka makanan.

Warung tersebut setiap hari menyediakan 100 – 200 porsi dengan lima menu masakan yang disiapkan yaitu, soto ayam, nasi pecel, punten pecel, ayam lodo dan rawon yang diperuntukkan terhadap masyarakat, khususnya yang kurang mampu/terdampak pandemi covid-19, dengan cukup membayar seikhlasnya untuk dimasukkan kedalam kotak yang disediakan.