PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL DAN HARI AIDS SEDUNIA

Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan Hari Aids Sedunia, yang bertempat di Crown Victoria Hotel Tulungagung pada, Rabu (1/12/2021) mulai pukul 08.00 WIB.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Ketua TP-PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, Ketua Komisi C DPRD Tulungagung Asrori, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tulungagung dr. Kasil Rohmad.MM.Ners, Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Supriyanto Sp.B Mkes, Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Kab. Tulungagung Ifada Nur Rohmania, Kepala UPTD Puskesmas se Kab. Tulungagung, Ketua Organisasi Profesi Kesehatan se Kab. Tulungagung, serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Kab. Tulungagung.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tulungagung dr. Kasil Rohmad.MM.Ners dalam laporannya menyampaikan, dalam momentum Hari Kesehatan Nasional dan Hari Aids Sedunia tahun 2021, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para tenaga kesehatan yang bahu membahu mencurahkan tenaga dan pikiran untuk penanganan masalah kesehatan, khususnya covid-19.

Sementara, sambutan Bupati Tulungagung yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE menyampaikan peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2021 dengan Tema  “Akhiri AIDS, Cegah HIV, Akses untuk semua dan Tulungagung Tanpa Stigma”.  Virus HIV terus bertambah secara Senyap dalam penambahan kasus. Akumulasi Data HIV&AIDS Tahun 2006 sampai dengan Oktober 2021 sejumlah 3043 orang. Dalam kondisi Pandemi Covid-19 penambahan kasus HIV sebanyak 762 orang.

Di akhir rangkaian acara, dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada para tenaga kesehatan, dan juga para ahli waris tenaga kesehatan yang gugur dalam penanganan masalah covid-19, yang diserahkan oleh Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, serta Ketua TP-PKK Kabupaten Tulungagung  Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo.