PENINJAUAN POS PENGAMANAN NATAL DAN TAHUN BARU 2022

Dalam rangka menjelang pergantian tahun baru 2022. Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan peninjauan Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 di beberapa lokasi wilayah Kabupaten Tulungagung, pada hari Jum’at, (31/12/2021) mulai pukul 09.00 WIB.

Adapun titik lokasi yang ditinjau diantaranya, yakni Pos Pengamanan Nataru Gor Lembu Peteng sebagai tempat berkumpulnya hiburan dan arus kendaraan yang dari arah Trenggalek, serta Pos Pengamanan Nataru Pasar Ngantru sebagai arus kendaraan yang dari arah Kediri.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, MM, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Endang Retno Gatut Sunu Wibowo, Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung beserta istri, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro, S.STP, MM, serta Kepala Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam penjelasannya menyampaikan, bahwa Pemerintah tak ingin kecolongan dalam perayaan malam Tahun Baru 2022. Menurut Bupati Tulungagung, sudah menjadi tradisi dari masyarakat setiap pergantian tahun baru pasti ingin merayakannya, namun demikian, saat ini situasi masih dalam pandemi Covid-19, sehingga dihimbau masyarakat seharusnya ikut prihatin, untuk tidak merayakan malam pergantian tahun baru dengan membuat kerumunan, sehingga tidak terjadi cluster baru.

Bupati Tulungagung juga mengajak masyarakat Kabupaten Tulungagung, agar tahun baru kali ini dapat dijadikan sebagai dorongan penyemangat bersama untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

Sementara, Kapolres Tulungagung AKBP. Handono Subiakto, SH, SIK, MH, menjelaskan bahwa pihaknya mendirikan pos pengamanan 6 (enam) unit dan pos pelayanan dua unit. Antara lain, Pos Pam Lembupeteng, Pos Pam Bandung, Pos Pam Besuki, Pos Pam Ngantru, Pos Pam Jembatan Ngujang 2 dan Pos pam Ngunut. Pos pelayanan terdiri dari pos pelayanan terminal dan stasiun

Kapolres juga menegaskan, bahwa mengantisipasi lonjakan pengendara yang masuk di wilayah Kabupaten Tulungagung, di setiap pos pengamanan dan pos pelayanan disediakan mobil vaksinasi maupun Swab antigen atau PCR untuk pelaksanaan random swab, serta juga memudahkan masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi.

Adanya pos pengamanan dan pos pelayanan ini bisa memberikan perlindungan kepada kita semua, akan tetapi masyarakat juga harus bersama – sama menjaga bagaimana suasana dapat aman, kondusif dan semuanya tetap sehat saat merayakan Nataru 2021-2022.

Lanjut AKBP Handono, pada masing masing pos pengamanan, pelayanan dan pos pantau, akan diisi oleh Petugas keamanan TNI, Polri, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Stakerholder terkait.

Pada pelaksanaan peninjauan ini, Pemerintah Kabupaten Tulungagung juga menyerahkan bantuan berupa bahan makanan dan logistik kepada para petugas di Pos-Pos Pengamanan Nataru tersebut. Sebelum pendistribusian bantuan ke beberapa Pos Pengamanan, penyerahan dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung beserta istri.