PENGANUGERAHAN PENGHARGAAN PEMENANG KOMPETISI KREATIVITAS DAN INOVASI (KASANOVA) TAHUN 2021

Rabu, (24/11/2021) Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Bappeda Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan acara Penganugerahan Penghargaan Pemenang Kompetisi Kreativitas dan Inovasi (Kasanova) Tahun 2021 dengan tema “Kreatif dan Inovatif Dikala Pandemi” yang bertempat di Crown Victoria Hotel Tulungagung mulai pukul 07.30 WIB.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono, S.Sos, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Tulungagung Asrori, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Kepala Bappeda Kabupaten Tulungagung Drs. Maryani, MM, Dewan Juri Kasanova dari Akademisi UIN SATU Tulungagung, Universitas Tulungagung, Universitas Bhineka PGRI Tulungagung, Para Peserta Inovator Kompetisi Kasanova Tahun 2021, serta Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.

Kepala Bappeda Kabupaten Tulungagung dalam laporannya menyampaikan, maksud dari pelaksanaan acara ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat Tulungagung baik secara individu, kelompok maupun Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang telah secara nyata melakukan inovasi, dan hasil inovasinya memberikan manfaat bagi masyarakat.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, oleh karena itu inovasi daerah bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggara Pemerintah Daerah. Hal ini diarahkan dalam upaya percepatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah.

“Kompetisi Kasanova Tahun 2021 telah diikuti oleh 87 proposal inovasi dari Perangkat Daerah dan Masyarakat Tulungagung. Ini tentunya menjadi kebanggan kita bersama, walaupun di tengah pandemi Covid-19, antusias Perangkat Daerah dan masyarakat untuk berinovasi cukup tinggi, dan tentunya akan berdampak positif bagi pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, “ujar Bupati.

Berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri yang ditetapkan oleh Surat Keputusan Kepala Bappeda Kabupaten Tulungagung No. 188/7717/201/2021 Tanggal 22 Nopember 2021 Tentang Penetapan Pemenang Kompetisi Kreativitas dan Inovasi (Kasanova) Ke-2 Kabupaten
Tulungagung Tahun 2021.

Adapun para pemenang Kasanova Tahun 2021, diantaranya dari Kategori Perangkat Daerah (1) Juara 1 RSUD dr. Iskak Tulungagung, judul inovasi Hotline Komunikasi, Informasi dan Pendidikan Kesehatan di Ruang Isolasi Covid-19 (HOTMA PARIS), (2) Juara 2 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Tulungagung, judul inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Cepat Akurat Terintegrasi (PANDU CAKTI), (3) Juara 3 Puskesmas Kalidawir, judul inovasi Vaksinasi Covid-19 Keliling Desa (SI ELSA CENTIL), (4) Juara Harapan 1 Puskesmas Pakel, judul inovasi Satu Hari Satu Informasi Kesehatan (SARISASIK), (5) Juara Harapan 2 Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab. Tulungagung, judul inovasi Inovasi Lima Perubahan Pelayanan Publik Disperkim, (6) Juara Harapan 3 Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Tulungagung, judul inovasi Aplikasi Pemasaran Online (LAPAK UMKM).

Sedangkan pemenang Kasanova Tahun 2021 Kategori Masyarakat, diantaranya (1) Juara 1 Kelompok Tani Belimbing Artha Mandiri Desa Bono, Kec. Boyolangu, judul inovasi Pemanfaatan Limbah Buah Belimbing Sebagai Pupuk Organik Cair (POC), (2) Juara 2 Helloys Ageng Haqiqie dan Maheswara Puwa Hadi Gautama, dari Posyantek Kedung Tekhno Jaya, judul inovasi Start Engine Menggunakan Wemos D1 R1 MINI Berbasis Internet, (3) Juara 3 Budi Santoso dan M. Anton Arizal, judul inovasi KASIR PINTAR ELOZA POS, (4) Juara Harapan 1 Elis Zulva Mastuti dari El Hijaaz Boutiqe dan Craft, judul inovasi Ecoprint Berbasis Bahan Lokal, (5) Juara Harapan 2 Akwan, Diyarruddin dan
Kusuma Nur Aziz dari SMKN 3 Boyolangu, judul inovasi SMART UV-C ROOM STERILIZER, (6) Juara Harapan 3 Shela Marethalia, Lilalita Dian Ayu F., Dika Dwi Febrian, Virda Lilga Rensanni, dan Lestari Konsa N. dari SMK Negeri 1 Tulungagung, judul inovasi Inovasi Vacuum Evaporator Pada Pengolahan Jeruk Nipis (Citrus Aurantiifoliao) Menjadi Serbuk Minuman Instan.