Pencanangan Pembangunan Jalan Lintas Selatan (JLS/PANSELA) Ruas Brumbun-Sine

Tulungagung, Selasa (22/6/2021) Bupati Tulungagung bersama Forkopimda Kabupaten Tulungagung pada pukul 09.00 WIB menghadiri kegiatan Pencanangan/ Groundbreaking Pembangunan JLS Brumbun – Sine di Desa Ngejo Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung. Hadir pula dalam acara tersebut Kepala Bidang Pembangunan Balai Pelaksana Jalan Nasional Jawa Timur Bali beserta Staf, Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Admin Perhutani KPH Blitar dan Kontraktor Pelaksana Pembangunan Jalur Lintas Selatan Brumbun – Sine.

Jalan Lintas Selatan (JLS) atau Jalan PANSELA Kabupaten Tulungagung Merupakan bagian dari pembangunan Jalan Pansela Jawa Timur mulai Dari Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi sepanjang 684 km. JLS di Kabupaten Tulungagung di Bangun sejak Tahun 2016, dan secara keseluruhan JLS di Kabupaten Tulungagung terbagi menjadi 5 ruas yaitu, Ruas batas Tulungagung – Besuki sepanjang 12,89 km, Ruas Besuki – Besole sepanjang 4,85 km, Ruas Besole – Brumbun sepanjang 2,88 km, Ruas Brumbun – Pantai Sine sepanjang 16,70km, dan Ruas Pantai Sine – Batas Blitar sepanjang 17,65 km.

Tiga ruas disisi Barat yaitu ruas Batas Tulungagung – Besuki, ruas Besuki – Besole, dan ruas Besole – Brumbun sepanjang 20,62 km yang sebagian sudah terbangun dan sebagian dalam proses pembangunan. Ruas Brumbun – Sine merupakan kelanjutan pembangunan Jalur Lintas Selatan yang pada Selasa (22/6) kemarin dicanangkan pembangunannya sepanjang kurang lebih 2,5 kn dari total ruas sepanjang 16,70 km.

Proses Groundbreaking pembangunan jalur lintas selatan ruas Brumbum-Sine ini ditandai dengan pemecahan kendi oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M.

Dengan adanya jalur lintas selatan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pengembangan pariwisata yang ada di Tulungagung selatan.