Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Badan Narkotika Nasional Dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung

Kamis (25/2/2021) Dalam rangka upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN) di Indonesia, khususnya di wilayah kabupaten tulungagung dan percepatan pengembangan dan pembangunan kapasitas Badan Narkotika Nasional di Kabupaten Tulungagung, maka dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Badan Narkotika Nasional dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulungagung yang dilaksanakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso pada pukul 08.00 WIB. Penandatangan ini dilakukan oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dengan Kepala BNN Propinsi Jawa Timur Brigjen Pol Drs. Idris Kadir,SH.,M.Hum.

Dalam sambutannya Kepala BNN Propinsi Jawa Timur Brigjen Pol Drs. Idris Kadir,SH.,M.Hum menyampaikan bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika di dalam masyarakat menunjukkan kecenderungan semakin meningkat dengan korban yang meluas, terutama di kalangan anak-anak, remaja dan generasi muda. Hal ini harus mendapat perhatian serius dari kita semua apabila kita tidak ingin generasi bangsa ini hancur karena narkotika. oleh karena itu, sangat diperlukan peran serta aktif dan kerja sama yang sinergis antara bnn dengan seluruh instansi pemerintah dan komponen masyarakat dalam upaya P4GN guna mewujudkan indonesia yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Dalam menghadapi tugas yang berat ini, BNN membuka diri untuk bersinergi dengan seluruh instansi pemerintah dan komponen masyarakat guna memperkuat barisan dalam menghadapi ancaman bahaya narkotika.
Setelah penandatanganan nota kesepahaman ini, saya berharap segera ditindaklanjuti secara langsung dengan langkah-langkah teknis dan operasional antara BNN dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Teriring pula sebuah harapan agar keluarga besar Pemerintah Kabupaten Tulungagung dapat bersama-sama dengan BNN melaksanakan program-program P4GN baik dalam bentuk pencegahan penyalahgunaan narkotika, dan pemberdayaan masyarakat.

Dilanjutkan dengan sambutan Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang menyampaikan apresiasi setinggi – tingginya kepada BNN Provinsi Jawa Timur beserta jajaran, atas upaya dalam perang melawan narkoba (War On Drugs) di seluruh wilayah Jawa Timur. Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama ini merupakan perwujudan kebulatan tekad dan komitmen bersama, dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN) Di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tulungagung.

Pelaksanaan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama ini, merupakan langkah nyata untuk percepatan pengembangan dan pembangunan kapasitas BNN DI Kabupaten Tulungagung, yang meliputi :

  1. Penyediaan tanah dan gedung dalam rangka pengembangan fasilitas kantor BNN Kabupaten Tulungagung yang dilakukan melalui mekanisme hibah;
  2. Pemberian bantuan pendampingan untuk biaya operasional melalui mekanisme hibah;
  3. Penyediaan sarana dan prasarana, baik dalam bentuk pinjam pakai maupun hibah, dalam rangka pelaksanaan kegiatan dan operasional BNN Kabupaten Tulungagung.
    Sebagai stakeholder yang berada di garda depan Pemerintahan Kabupaten Tulungagung, diperlukan upaya persuasif yang masif kepada masyarakat, untuk turut serta dalam peningkatan ketahanan diri serta kesadaran untuk ikut serta dalam perang melawan narkoba (WAR ON DRUGS). ketahanan diri masyarakat ini sangat penting agar mereka mampu dan tangguh dalam mengendalikan diri, menghindar dari dan menolak segala bentuk pemyalahgunaan narkoba.
    Selanjutnya, agar mampu mewujudkan Tulungagung bersinar (bersih dari narkoba, diperlukan partisipasi seluruh jajaran lembaga pemerintahan di Kabupaten Tulungagung untuk berperan aktif dalam fasilitasi program P4GN, yang bermuara pada kesuksesan pelaksanaan program nasional indonesia bersinar.