PEMERINTAH KABUPATEN TULUNGAGUNG RAIH PENGHARGAAN ANUGERAH PARAHITA EKAPRAYA (APE) TAHUN 2020

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) berarti suatu Penghargaan terhadap Prakarsa dan Prestasi yang dicapai dan menunjukan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Daerah.

Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso ruang Osroom, pada hari Rabu, (13/10/2021) mulai pukul 10.00 WIB. Pemerintah Kabupaten Tulungagung meraih Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia.

Acara yang diselenggarakan secara virtual ini dihadiri oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Tulungagung Asrori, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Kepala Dinas Kelurga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tulungagung Drs. Suparni, MM, Kepala Bappeda Kabupaten Tulungagung Drs. Maryani, MM, serta Perangkat Daerah terkait.

Penghargaan APE ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan  pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, memberdayakan perempuan dan perlindungan anak dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM memberikan apresiasi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang telah menginisiasi diselenggarakannya Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

Kepala Dinas KBPPPA Kabupaten Tulungagung Drs. Suparni, MM dalam pernyataannya menyampaikan, dalam hal ini, pemerintah Kabupaten Tulungagung telah meningkatkan kesetaraan gender dengan memberdayakan perempuan dari berbagai sisi, baik segi ekonomi, sosial, pendidikan, pendapatan dan segi kesehatan.

Kepala Dinas KBPPPA Kabupaten Tulungagung Drs. Suparni, MM menambahkan, Kabupaten Tulungagung bersama UNICEF sedang meninjau ulang mengenai penganggaran kesetaraan gender di Tulungagung agar nantinya dapat mencapai kategori mentor. Diharapkan tahun depan Kabupaten Tulungagung dapat menjadi mentor mewakili daerah-daerah lain.