PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH PEJABAT ADMINISTRATOR DAN PEJABAT PENGAWAS MENJADI PEJABAT FUNGSIONAL LINGKUP KABUPATEN TULUNGAGUNG

Jum’at, (31/12/2021) bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, mulai pukul 13.00 WIB. Pemerintah Kabupaten melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tulungagung melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas menjadi Pejabat Fungsional melalui Penyetaraan Jabatan Lingkup Kabupaten Tulungagung.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM juga dihadiri Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tulungagung Ir. Kamsiah, MT, beberapa Staf Ahli dan Asisten Kabupaten Tulungagung, Kepala Perangkat Daerah terkait, serta para undangan Pejabat terlantik.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan bagi Pejabat Fungsional sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, bahwa jabatan dalam ASN dibagi ke dalam tiga jabatan, yaitu Jabatan Administrasi, Jabatan Fungsional dan Jabatan Pimpinan Tinggi. Kebijakan ini juga didukung dengan terbitnya Permenpan RB Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Pengusulan, Penetapan dan Pembinaan Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil.

Lebih lanjut, Bupati Tulungagung menjelaskan, sesuai dengan tahapan dalam Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2021, serta mendasarkan pada petunjuk Menteri Dalam Negeri sebagaimana tertuang dalam Surat Mendagri Nomor : 800/6078/OTDA perihal Akselerasi Proses Penyetaraan Jabatan di lingkungan Pemerintah Daerah, Pemerintah Kabupaten Tulungagung sudah melaksanakan keseluruhan tahapan tersebut.

Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Bupati Tulungagung Nomor : 821.2/328 232/2021 tentang Pemberhentian dari Jabatan Administrasi dan Pengangkatan kedalam Jabatan Fungsional melalui Penyetaraan Jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, dengan ini mengangkat dan melantik 324 orang Pejabat Administrator menjadi Pejabat Fungsional.

Pelaksanaan pelantikan ini bukanlah sekedar acara seremonial, melainkan mengandung makna sebuah pengukuhan terhadap tugas dan amanat yang telah dipercayakan oleh negara kepada pejabat yang dilantik. Sehingga amanat tersebut harus diterima dengan rasa penuh tanggung jawab disertai dedikasi, integritas dan sikap profesionalisme.

Dengan diangkat dan dilantiknya para Pejabat Fungsional melalui Penyetaraan Jabatan Lingkup Kabupaten Tulungagung, diharapkan dapat menjadi suri tauladan, serta menghimbau kedisiplinan, kreatifitas dan inovasi lebih ditingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.