PAGELARAN SENI BUDAYA MENYAMBUT MURWOKOLO DALAM RANGKA HARI JADI KABUPATEN TULUNGAGUNG KE 816

Minggu, (21/11/2021) Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan acara Pagelaran Seni Budaya menyambut Murwokolo (Ruwatan) dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-816 Tahun di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso melalui live streaming mulai pukul 19.30 WIB. Acara dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sesuai ketentuan.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE bersama Ny. Dra. Endang Retno Gatut Sunu Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono, S.Sos, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Tokoh Budayawan, Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.

Acara ini dibuka dengan penerimaan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa, yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE kepada para penerima, yakni (1) Posyantek Bersinar Kecamatan Bandung, Juara I Lomba Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna Antar Desa se Provinsi Jawa Timur, (2) Bumdes Larasati Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu, sebagai Terbaik I Lomba Badan Usaha Milik Desa se Provinsi Jawa Timur.

Acara dilanjutkan dengan menampilkan seni tarian tradisional dari Sanggar Tari Gatra Kencana dari Desa Balerojo Kecamatan Kauman, Gadung Melati dari Desa Beji Kecamatan Boyolangu dan Siswo Budoyo dari Desa Sobontoro Kecamatan Boyolangu.

Dengan penyelenggaraan seni budaya semacam ini, diharapkan bisa (1) Mengembangkan nilai-nilai tradisi budaya para leluhur yang adi luhung, (2) Melestarikan kekayaan tradisi budaya di Kabupaten Tulungagung sebagaimana tertuang dalam pokok pikiran kebudayaan daerah, (3) Mewujudkan program nasional yaitu pemajuan kebudayaan.