Musrenbang RKPD Kabupaten Tulungagung 2022

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Tulungagung 2022 digelar di Crown Victoria Hotel Kamis (18/03/2021). Kegiatan Musrenbang dimulai Pukul 09.00 dengan menerapkan protokol pencegahan covid 19 secara ketat. Acara dibuka oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan dihadiri oleh Anggota Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Sekretaris Daerah Tulungagung, Kepala Perangkat Daerah, Camat, LSM, Organisasi Masyarakat dan tamu undangan lainnya. Acara tersebut bertema  Penguatan Pertumbuhan sektor Unggulan Daerah dan optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi.

Kepala Bappeda Tulungagung, Drs Maryani MM mengatakan, Musrenbang penting dilaksanakan untuk membahas usulan program/kegiatan tahun 2022 serta menajamkan penentuan prioritas yang dihasilkan dalam Forum Perangkat Daerah. Selanjutnya usulan-usulan tersebut disusun menjadi daftar kegiatan pembangunan dalam RKPD Kabupaten Tulungagung Tahun 2022. Pelaksanaan Musrenbang kali ini telah didukung dengan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri yang akan mengintegrasikan perencanaan dan penganggaran

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM dalam sambutannya menyampaikan Musrenbang RKPD ini merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD sebagaimana amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017. Forum ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mengkoordinasikan rencana pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis aktual yang akan menjadi dasar penentuan sasaran dan prioritas pembangunan daerah. Dalam menyusun perencanaan pembangunan, kita juga melihat dinamika yang sedang terjadi di masyarakat, seperti adanya Virus corona atau dikenal Covid-19 telah menjadi pandemi global yang juga terjadi di Tulungagung selama setahun terakhir ini.