MURWOKOLO (RUWATAN)

Senin, (22/11/2021) Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 816 Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan Murwokolo (Ruwatan) yang dilaksanakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso mulai pukul 05.00 WIB.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pagelaran wayang kulit oleh Ki Dalang Marjuki Mardisabdo dari Desa Samar Kecamatan Pagerwojo, dengan tokoh utama dalam ruwatan ini adalah Bathara Kala. Acara yang juga dilaksanakan secara live streaming ini sudah mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan dengan undangan terbatas, mengingat masih dalam pandemi covid-19.

Hadir dalam acara ini Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, beberapa Asisten dan Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Ketua Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) Tulungagung Sukriston, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Murwokolo (ruwatan) yang mempunyai arti yaitu membersihkan diri bagi manusia atas noda atau kotoran yang ada dalam manusia. Kriteria orang yang harus di ruwat termasuk sial, sebel dan orang yang berbuat kotor. Di akhir rangkaian acara ini dilaksanakan pecah Kendi Budjono dan pemotongan Tumpeng, sebagai tanda membuang balak dan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karuniaNya terhadap Kabupaten Tulungagung.

Dengan dilaksanakannya Murwokolo, diharapkan Kabupaten Tulungagung dijauhkan dari bencana, terbebas dari pandemi covid-19 dan menuju Tulungagung yang Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto.