LAUNCHING PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KLINIK ADMINDUK DENGAN APLIKASI ONLINE “PANDU CAKTI” DAN PENGGUNAAN MESIN ANJUNGAN DUKCAPIL MANDIRI (ADM)

Kamis, (6/10/2021) Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tulungagung melaksanakan Launching Pelayanan Administrasi Kependudukan Klinik Adminduk dengan aplikasi online “Pandu Cakti” dan penggunaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Acara yang diselenggarakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso mulai pukul 09.00 WIB ini, dihadiri oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono, S.Sos, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tulungagung Nina Hartiani, SH, serta Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tulungagung Nina Hartiani SH dalam laporannya menyampaikan, dengan adanya pelayanan administrasi kependudukan online ini, dapat mendorong pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam upaya percepatan peningkatan e-government.

Upaya ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik terutama untuk mengakses administrasi kependudukan demi memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membahagiakan.

Sementara itu, dalam mewujudkan pelayanan Administrasi Kependudukan Klinik Adminduk dengan aplikasi online “Pandu Cakti” dan penggunaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, juga ditandai dengan Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tulungagung dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung, PT. POS Tulungagung, Organisasi Perangkat Daerah, serta Kepala Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Tulungagung.

Perlu diketahui, MoU yang ditandatangani meliputi kerjasama yang sangat strategis dibidang teknologi dan inovasi pelayanan, serta memperpendek birokrasi dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga akan dapat terwujud pelayanan yang cepat, mudah, gratis dan “membahagiakan”. Berkenaan dengan hal itu, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM sangat mendukung dan menyampaikan terima kasih adanya kerjasama seperti ini, serta berharap terus adanya inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan, dengan aplikasi online “Pandu Cakti”, masyarakat Kabupaten Tulungagung semakin dimudahkan dalam mengurus dan mencetak dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga, Akta Kematian, Akta Kelahiran, dan Surat Keterangan Pindah.
“Kedepannya, masyarakat bisa mencetak dokumen kependudukan selain KTP dan KIA secara mandiri tanpa perlu antri di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil”, ungkap Bupati.


Di sela rangkaian acara, Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyerahkan dokumen kependudukan secara simbolis oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM kepada beberapa pemohon berupa dokumen akta kematian yang berisi kartu keluarga terbaru, akta kematian, dan ktp terbaru. Dokumen akta kelahiran yang berisi kartu keluarga terbaru dan akta kelahiran serta Kartu Indentitas Anak (KIA) atas nama Ardiansyah Reyhan Rachendra.

Selanjutnya dalam acara ini, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM didampingi Ketua TP PKK Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo melaksanakan launching aplikasi online Pandu Cakti dan Anjungan Dukcapil Mandiri yang ditandai dengan pemukulan gong di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan pita di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tulungagung.