KUNJUNGAN KERJA MENTERI SOSIAL DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Sabtu, (25/12/2021) Pemerintah Kabupaten Tulungagung menerima kunjungan kerja dari Menteri Sosial RI Tri Rismaharini di Desa Keboireng Kecamatan Besuki mulai pukul 11.00 WIB.

Kedatangannya yang didampingi juga oleh Jajaran Direktorat Jenderal Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kabupaten Tulungagung disambut oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE, Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung Drs. Suyanto, MM, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tulungagung Soeroto, S.Sos, MM, Kepala Desa Keboireng Supirin, Forkopimcam Kecamatan Besuki, serta Kepala Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini dalam kunjungannya tersebut, bertujuan untuk melakukan peninjauan lumbung sosial dan jalur evakuasi penanggulangan potensi bencana gempa tsunami dan megathrust kawasan Pantai Selatan Kabupaten Tulungagung, sekaligus memberikan bantuan sosial kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Bantuan dari Menteri Sosial tersebut secara simbolis diterima langsung oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM di Desa Keboireng Kecamatan Besuki, sebesar Rp. 338.108.759,00. Adapun rincian barang yang diperbantukan untuk mengantisipasi bencana diantaranya adalah berupa Buffer Stock senilai Rp. 181.074.160,00, barang Lumbung Sosial senilai Rp. 138.608.114,00 dan barang HTT senilai Rp. 18.426.485,00.

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam penjelasannya menyampaikan, Jalur di pesisir pantai selatan sudah ada kajian dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), untuk itu kita harus siap siaga jika seandainya itu bener-bener terjadi, namun begitu mudah-mudahan jangan sampai terjadi bencana. Sedangkan menurut informasi untuk wilayah Tulungagung ada tiga titik rawan bencana.

Tri Rismaharini juga menambahkan, Lumbung Sosial tidak hanya di Tulungagung saja, tapi di sepanjang pantai selatan pulau Jawa, seperti Trenggalek dan Pacitan.

Kementerian Sosial sangat berkontribusi dalam lumbung sosial, lebih dalam Risma memaparkan seperti dengan memberikan beraneka kebutuhan yang dibutuhkan mereka didalam pengungsian. Selain bantuan sembako dan lain-lain, diantaranya seperti persediaan air bersih sangat bermanfaat dan siap minum, ada genset karena setiap ada kejadian itu biasanya listrik mati dan kita tidak bisa berkomunikasi sehingga ini sangat menolong. Misalnya untuk jaringan komunikasi bisa digunakan maupun untuk penerangan.

Sementara itu, Bupati Tulungagung dalam penjelasannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya, serta atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam kunjungan sekaligus bantuan sosial kepada Kabupaten Tulungagung. Semoga semuanya membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat luas.