KIRAB BERSIH NAGARI HARI JADI KABUPATEN TULUNGAGUNG KE 816

Kamis, (18/11/2021) Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-816. Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan acara Kirab Bersih Nagari. Acara Bersih Nagari tahun ini masih pada tahun sebelumnya, karena dalam masa Pandemi covid-19, sehingga peserta dibatasi sesuai protokol kesehatan.

Pelaksanaan arak–arakan di mulai dari halaman luar Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso mulai pukul 08.00 WIB, dengan rombongan pertama yaitu group drum band tradisional, diikuti Raja dan Ratu berserta Prajurit, Penari, serta pembawa Panji (Pataka) Lambang Daerah Kabupaten Tulungagung dan 2 buah tumpeng raksasa berupa Tumpeng Lanang dan Tumpeng Wadon.

Acara ini juga diikuti oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM beserta Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE beserta Ny. Dra. Endang Retno Gatut Sunu Wibowo, Jajaran Forkopimda Tulungagung beserta Istri, beberapa tokoh adat, perwakilan dari beberapa Perangkat Daerah Kabupaten Tulungagung serta tamu undangan lainnya, yang mengenakan pakaian Tradisional Jawa.

Acara Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ini ditandai dengan Penyerahan Pataka Lambang Daerah Kabupaten Tulungagung dari ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono, S.Sos kepada Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tulungagung.

Dalam sambutannya Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM mengajak warga Tulungagung untuk bersyukur pada Tuhan yang Maha Esa atas anugerah yang diberikan, sehingga masyarakat bisa ikut memperingati hari jadi Kabupaten Tulungagung ke 816 dengan protokol kesehatan yang sesuai ketentuan, serta acara ini bisa dinikmati secara streaming.

Bupati Tulungagung juga menghimbau dan mengingatkan warga masyarakat Kabupaten Tulungagung bagi yang belum melaksanakan vaksin, untuk segera vaksin, diharapkan cakupan vaksinasi dapat mencapai target dan Kabupaten Tulungagung dapat turun ke Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 maupun Level 1, serta demi terbentuknya kekebalan kelompok (herd imunity).

Dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-816, mari kita satukan tekad menghadapi covid-19 demi Tulungagung Tangguh dan Sehat, sehingga diharapkan mampu memacu semangat warga masyarakat Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan perekonomian warga Tulungagung, sehingga bisa memajukan pembangunan Kabupaten Tulungagung kedepan yang Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto.