Kampanye Gemarikan Tahun 2021

Kamis (03/06/2021), Pemerintah Propinsi Jawa Timur melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur bersama Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang dilaksanakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso mulai pukul 09.00 WIB. Hadir pula dalam dalam kegiatan ini Ketua Forikan Propinsi Jawa Timur, Ketua Forikan Kabupaten Tulungagung, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, dan Pengurus TP PKK Kabupaten Tulungagung.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan dan mengkampanyekan gemar makan ikan. Dengan harapan dapat meningkatkan konsumsi pangan masyarakat untuk membentuk pola konsumsi yang beragam, bergizi seimbang, dan juga aman. Dalam kegiatan ini Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur telah memberikan bantuan 200 paket produk olahan ikan yang harapannya dapat menyentuh substansi dari pencegahan dan penanganan balita stunting tersebut.

Dalam sambutanya, Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, selaku Ketua Forikan Kabupaten Tulungagung menyampaikan bahwa, dalam rangka percepatan penurunan angka stunting yang merupakan skala prioritas, pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung telah mendukung dan melaksanakan kampanye GEMARIKAN ini, yaitu dengan memberikan bantuan ikan segar dan produk olahan ikan sebanyak 1483 paket yang tersebar di 10 kecamatan se Kabupaten Tulungagung.