Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rancangan Rencana Kerja (RENJA) Perangkat Daerah Kabupaten Tulungagung Tahun 2022

Kamis (25/2/2021) Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah dalam rangka membahas Rancangan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Kabupaten Tulungagung Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Prajamukti Kantor Bupati Tulungagung mulai pukul 09.30 WIB. Rapat ini diikuti oleh Sekretaris Daerah, Kepala OPD Lingkup Pemerintah dan Camat se Kabupaten Tulungagung. 

Acara diawali dengan laporan Ketua Panitia Ir. Sutrisno, MM yang menyampaikan bahwa maksud diselenggarakannya forum ini adalah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam Rancangan Renja Perangkat Daerah.

Pelaksanaan Forum Lintas Perangkat Daerah ini diharapkan dapat menjadi media untuk memperoleh saran dan pertimbangan sebagai bahan penyempurnaan Rancangan Renja Perangkat Daerah, yang selanjutnya akan menjadi bahan penyempurnaan Rancangan Awal RKPD menjadi Rancangan RKPD.

Dilanjutkan dengan sambutan Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang juga sekaligus membuka acara ini dan menyampaikan bahwa Pelaksanaan Forum Lintas Perangkat Daerah ini merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD sebelum dilaksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten. Forum ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mengkoordinasikan rencana pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis. Setiap Perangkat Daerah harus mampu menyusun perencanaan yang terintegrasi dan mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah. 

Mengacu pada sistem perencanaan pembangunan nasional, maka Renja Perangkat Daerah harus merujuk pada dokumen Renstra Perangkat Daerah, terutama dilihat dari keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2020.