DIRGAHAYU KE 74 KOPERASI INDONESIA

Tulungagung, Senin (12/7/2021) Bupati Tulungagung dengan didampingi Sekda Tulungagung, Asisten Bidang Pembangunan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala dan jajaran pengurus Dekopinda mengikuti Dirgahayu ke 74 Koperasi Indonesia secara virtual di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Dalam peringatan Hari Koperasi kali ini mengusung tema “Untung Bareng Koperasi”. Acara ini diawali dengan laporan panitia oleh Deputi Perkoperasian Ahmad Zabadi, dilanjutkan dengan sambutan Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki.


Setelah selesai mengikuti peringatan Hari Koperasi secara virtual, Ketua Dekopinda Tulungagung Nyak Dien mengatakan bahwa dikarenakan adanya pandemi Covid-19 peringatan Hari Koperasi kali ini tetap dilaksanakan secara virtual tepat di tanggal 12 Juli. Walaupun secara virtual semoga puncak dari peringatan Hari Koperasi ke 74 kali ini tidak mengurangi makna dan manfaat dari Hari Koperasi ke 74 di tahun 2021. Di Tulungagung jumlah koperasi yang aktif sebanyak 700 lebih koperasi dan anggota koperasi sebanyak 100 ribu lebih. Kami sebagai ketua Dekopinda mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tulungagung yang selama ini mempunyai komitmen yang tinggi terhadap gerakan koperasi, dan kami bersama kepala Dinas Koperasi dan UMKM menggerakan seluruh anggota koperasi untuk maju bersama, membina, mendampingi, mengadvokasi supaya bisa tumbuh dan berkembang membangun ekonomi kerakyatan di bidang Ekonomi khususnya Koperasi dan usaha mikro.


Selanjutnya sambutan Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, mengatakan bahwa kita sadari bersama bahwa situasi sekarang ini terjadi lonjakan terkonfirmasi postif covid-19. Oleh karena itu kita selalu bersyukur masih bisa mengikuti peringatan Hari Koperasi walaupun secara virtual dan selalu menerapkan 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjahui Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas). Pemerintah saat ini terjadi dua krisis yaitu krisis Ekonomi dan Kesehatan. Dimana Ekonomi mulai bangkit tetapi di sisi kesehatan masih terjadi lonjakan seperti ini. Sejak dulu kita ketahui bahwa koperasi adalah soko guru ekonomi masyarakat.