APEL SIAGA PASUKAN DALAM RANGKA PENGAMANAN MALAM TAHUN BARU 2022

Jum’at, (31/12/2021) Kepolisian Resort (Polres) Tulungagung melaksanakan Apel Siaga Pasukan dalam rangka Pengamanan Malam Tahun Baru dan Tahum Baru 2022 di wilayah Kabupaten Tulungagung, yang bertempat di halaman Kantor Mapolres Tulungagung mulai pukul 15.00 WIB.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Tulungagung AKBP. Handono Subiakto, SH, SIK, MH, didampingi Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Komandan Kodim 0807 Tulungagung Letkol. Inf. Yoki Malinton Kurniafari, S.H., M.Tr.(Han)., M.I.Pol. Turut hadir Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro, S.STP, MM, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tulungagung Wahiyd Masrur, S.Sos, MM, dan Kepala Perangkat Daerah Terkait.

Serta diikuti oleh anggota dari unsur TNI Kodim 0807 Tulungagung, Polri Polres Tulungagung, Satpol PP Kabupaten Tulungagung, Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung, BPBD Kabupaten Tulungagung dan Stake Holder terkait.

Sementara itu, Kapolres Tulungagung AKBP. Handono Subiakto, SH, SIK, MH dalam amanatnya menyampaikan beberapa point-point penting, yang antara lain :

  1. Himbauan dari tiga pilar agar masyarakat tidak melakukan kegiatan berupa pawai dan arak-arakan selama pergantian tahun baru serta kegiatan lainnya yang dapat berpontensi menimbulkan kerumunan sehingga menimbulkan potensi penularan covid-19, dimana saat ini telah muncul varian baru omnicron yang sudah masuk di negara Indonesia.
  2. Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli, Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.
  3. Meniadakan segala bentuk acara old and new tahun baru 2022 baik yang dilaksanakan secara terbuka maupun tertutup, seperti event perayaan Nataru di pusat perbelanjaan dan Mall, maupun perayaan yang dilaksanakan secara terbuka di lapangan maupun lokasi – lokasi yang biasanya di jadikan tempat berkumpulnya masyarakat.
  4. Untuk mencegah kerumunan, maka dilakukan penutupan alon-alon pada pada tanggal 31 Desember 2021 s/d 1 Januari 2022, serta sejumlah pengalihan arus yang telah di sesuaikan.
  5. Dilakukan pembatasan jumlah pengunjung lokasi wisata yang masih buka sebesar 75% dari kapasitas normal, dan di harapkan masyarakat dapat mematuhi ketentuan tersebut.
  6. Para peserta apel sekalian siapkanlah mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME;
  7. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi memanfaatkan teror dan kriminalitas dalam momentum perayaan tahun baru 2022.
  8. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan, serta diharap lebih mengedepankan kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif terutama dalam rangka pengamanan kamtibmas perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Diharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada dengan menerapkan 5 M agar gelombang penyebaran covid-19 tidak terjadi kembali di wilayah Jawa Timur sehingga roda perekonomian dan kegiatan sosial lainnya dapat berjalan kembali normal.