APEL PENYERAHAN PENGHARGAAN PENCEGAHAN COVID-19 DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung melaksanakan Apel Penyerahan Penghargaan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Tulungagung di halaman Kantor Pemerintah Daerah  Kabupaten Tulungagung pada hari Senin,  (11/10/2021) mulai pukul 08.00 WIB.

Apel dipimpin langsung oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Komandan Kodim 0807 Tulungagung Letkol. Inf. Yoki Malinton Kurniafari, S.H., M.Tr.(Han)., M.I.Pol, Kapolres Tulungagung AKBP. Handoko Subiakto, SH, SIK, MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si, Kepala Perangkat Daerah Terkait. Serta diikuti oleh anggota dari unsur TNI Kodim 0807, Polri Polres Tulungagung, Satpol PP Kabupaten Tulungagung, Dinas Perhubungan dan PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutannya menyampaikan, dengan semangat kebersamaan dan kedisiplinan kita dalam mendukung  percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Tulungagung, perkembangan covid-19 di Kabupaten Tulungagung akhir-akhir ini mengalami tren penurunan yang cukup signifikan.

Hal ini terbukti dengan penurunan status dari PPKM level 4 beberapa waktu yang lalu menjadi PPKM level 3, serta semakin berkurangnya jumlah pasien yang terkonfirmasi positif dan meningkatnya jumlah pasien yang sembuh dari covid-19 yang dapat dilihat dari menurunnya Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur untuk perawatan covid-19 saat ini pada Rumah Sakit, yaitu 7% untuk BOR isolasi dan 14 % untuk BOR ICU.

Kabupaten Tulungagung masih berada pada level 3 sehingga masih diberlakukan  pembatasan – pembatasan kegiatan masyarakat meskipun terdapat beberapa pelonggaran-pelonggaran kegiatan dari pada ketentuan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan untuk penurunan level Kabupaten/Kota dari level 3 menjadi level 2 terdapat indikator capaian total vaksinasi dosis 1 minimal 50% dan vaksinasi dosis 1 lansia minimal 40% sedangkan berdasarkan data perĀ  9 Oktober 2021 capaian vaksinasi Dosis 1 di Kabupaten Tulungagung masih 48,78% dan vaksinasi lansia dosis 1 sebesar 27,07%.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan secara simbolis kepada beberapa personil yang terdiri dari unsur TNI, POLRI, Satuan Polisi Pamong Praja, Kejaksaan, Tenaga Kesehatan, Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Selanjutnya, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, sekaligus selaku Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi, kerja keras dan dedikasinya dari semua pihak yang telah turut membantu, khususnya dari pihak-pihak yang menerima penghargaan penanganan dan penanggulangan covid-19

Bupati Tulungagung berharap, seluruh lapisan masyarakat untuk terus berperan aktif dalam mendukung, menyukseskan serta mendorong percepatan program vaksinasi covid-19 di Kabupaten Tulungagung secara masif dan terstruktur, sehingga dapat memenuhi target yang telah ditentukan pemerintah, yang tujuannya demi terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat dapat segera tercapai.

Serta tidak lupa selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M dalam beraktivitas sehari-hari, yaitu : memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.