APEL BERSAMA PERGURUAN PENCAK SILAT SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG DALAM RANGKA HARI JADI KABUPATEN TULUNGAGUNG KE-816

Rabu, (17/11/2021) Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke-816 Tahun, Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan Apel Bersama Perguruan Pencak Silat se-Kabupaten Tulungagung. Apel dilaksanakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso mulai pukul 09.00 WIB. Dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sesuai dengan ketentuan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Ketua KONI Tulungagung Suwarsono, Ketua Perguruan Pencak Silat se-Kabupaten Tulungagung, serta diikuti oleh peserta apel dari Personil Polisi Jajaran Polres Tulungagung, Personil TNI dari Jajaran Kodim 0807 Tulungagung, seluruh Perguruan Pencak Silat se-Kabupaten Tulungagung, yang masing-masing diwakili maksimal 10 pesilat.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM  selaku pembina apel yang dalam sambutannya menyampaikan, suasana kondusif merupakan suatu keadaan yang diwarnai dengan situasi dan kondisi yang tertib, tentram, aman, yang dalam arti merupakan suatu keadaan dinamis, memungkinkan Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat melakukan aktifitas sebagaimana mestinya.

Kondisi ini tentunya membutuhkan usaha dan kerja keras bersama yang melibatkan seluruh Stakeholder, tidak hanya aparat keamanan saja, melainkan dalam kesempatan ini mengajak seluruh Perguruan Pencak Silat se-Kabupaten Tulungagung turut bersinergi dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

Bupati Tulungagung juga menambahkan, tujuan apel bersama ini salah satunya adalah menjaga persaudaraan atau paseduluran sesama anggota pencak silat, karena pada hakekatnya kita semua adalah saudara walaupun berbeda perguruan silat, maka dari itu marilah dijaga persaudaraan ini dengan sebaik mungkin.

Melalui momen Hari Ulang Tahun Kabupaten Tulungagung ke-816 Tahun diharapkan dapat menjadikan Kabupaten Tulungagung yang kondusif, ramah, ayem tentrem mulyo lan tinoto, dan dimohon untuk siapapun tidak melakukan tindakan hukum sendiri bila ada perbedaan dan perselisihan.

Setelah rangkaian acara selesai, dilanjutkan acara tambahan, yaitu pemberian penghargaan kepada atlit silat yg berprestasi. Kemudian selanjutnya, dilaksanakan atraksi pencak silat dari berbagai perguruan, diantaranya dari Perguruan Perisai Asad, Perguruan Setia Hati Terate, dan Perguruan Pagar Nusa, serta ditutup dengan atraksi dari seluruh Perguruan Pencak Silat se-Kabupaten Tulungagung