BERITA TERKINI
Home / Tulungagung Update / Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Mengunjungi Kabupaten Tulungaung

Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Mengunjungi Kabupaten Tulungaung

Tulungagung – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Asisten Deputi Bidang Keamanan dan Ketahahanan Maritim, Basilio D. Araujo, beserta jajarannya, melaksanakan kunjungan kerja dan rapat koordinasi teknis dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung di Pendapa, Kamis (5/3).

Kunjungan ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan pembangunan di Kabupaten Tulungagung secara langsung serta menggalakkan program Satu Juta Nelayan Berdaulat.

Basilio menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulungagung harus barani melalukan investasi di bidang maritim.

“Kemampuan fiskal Tulungagung tergolong tinggi, sehingga harus berani bekerja sama dengan nelayan maupun pihak ketiga, misalnya membeli kapal besar,” ujarnya disela-sela kunjungan tersebut.

Masih menurut Basilio, nelayan kurang bekerja sama untuk menangkap ikan yg besar, sehingga yang terjadi sekarang hanya berebut ikan kecil yang berada di pinggir pantai.

Sebagaimana diungkap Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, Tatang Suhartono, bahwa mayoritas kapal yang ada di Kabupaten Tulungagung terdapat hampri seribu kapal yang mayoritas berukuran kecil.

Pada kunjungan tersebut, juga dilakukan sosialisasi mengenai aplikasi FishOn yang dikembangkan oleh mitra Kemenko Maritim.

Dengan teknologi tersebut, nelayan yang awalnya menggunakan insting saat melaut, kini dengan aplikasi FishOn yang bisa mendeteksi keberadaan ikan, mampu mendapat tangkapan hingga 150 kilogram dalam dua hari melaut.

Dalam kunjungan ini juga dihadiri perwakilan dari OPD terkait dan nelayan yang tersebar di Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga

31 Warga Pinggirsari Terserang Chikungunya

Tulungagung, Kamis (14/5) – “Stay at home dan konsentrasi pada kebersihan diri, namun abai pada …