Home / Tulungagung Update / SP 2020 Satu Data Indonesia

SP 2020 Satu Data Indonesia

Tulungagung, Rabu (19/2) – “Seiring dengan diterbitkannya Perpres 39/2019 tentang Satu Data Indonesia, maka diharapkan perbedaan data yang selama ini terjadi tidak akan terulang lagi. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna data untuk keperluan pembuatan kebijakan” disampaikan Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo saat membuka Rapat Koordinasi Daerah Sensus Penduduk 2020-SP 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik dan diikuti oleh OPD dan kecamatan di Tulungagung. Rakorda dilaksanakan di Ruang Prajamukti.

Untuk itu momentum SP 2020 diharapkan bisa mewujudkan Satu Data Indonesia. Berbeda dengan Sensus Penduduk sebelumnya, SP 2020 kali ini menggunakan metode kombinasi, yakni metode konvensional dan metode berbasis registrasi dengan memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Ditjen Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kemendagri sebagai data dasar SP 2020.

Dengan Satu Data Indonesia nantinya akan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk keperluan program perlindungan sosial lebih tepat sasaran. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk layanan pendidikan, kesehatan termasuk menentukan besaran proporsi Dana Alokasi Umum.

SP 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode yang pertama adalah SP On Line yakni seluruh penduduk Indonesia secara mandiri akan mengisi aplikasi dari website sensus.bps.go.id yang dilaksanakan dari 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Yang kedua, SP Wawancara yang dilaksanakan dari 1 hingga 31 Juli 2020 nantinya petugas akan menyisir atau mengecek keberadaan penduduk berdasar daftar kependudukan. Petugas akan mendata penduduk yang belum melakukan SP On Line dengan didampingi pengurus lingkungan. (Sekar)

Baca Juga

Paket Sembako Untuk Anak Yatim Piatu

Tulungagung, Kamis (14/5) – Seperti tahun tahun sebelumnya tiap bulan suci Ramadhan K3S Koordinasi Kegiatan …