Home / Tulungagung Update / Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 Kabupaten Tulungagung

Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 Kabupaten Tulungagung

Pada hari ini Selasa (6/8/2019) Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 yang bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso dan acara dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia Ny. Indra Fauzi, MM yang menjelaskan bahwa peringatan Hari Anak Nasional dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 44 Tahun 1984 yang menetapkan bahwa tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN) yang peringatannya dilaksanakan setiap tahun.

Maksud dari kegiatan ini adalah Peringatan HAN dimaknai sebagai kepedulian seluruh Bangsa Indonesia terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak Indonesia agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria beraklak mulia dan cinta tanah air.

Tujuannya adalah menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif keluarga, masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mewujudkan peningkatan perlindungan dan tumbuh kembang anak serta memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak khususnya di wilayah Kabupaten Tulungagung dan anak seluruh Indonesia pada umumnya serta masyarakat tentang penyelenggaraan Hari Anak Nasional Tahun 2019.

Tema peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 adalah ” Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak “.

Adapun peserta Puncak Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 Kabupaten Tulungagung terdiri dari :

1. Unsur Pemerintah Daerah 275 orang;

2. Pelajar lingkup Dinas Pendidikan dan UPT Cabang Dinas Pendidikan 300 orang;

3. Pelajar lingkup Kementerian Agama 200 orang anak;

4. Pengurus LPA, Dewan Perwakilan Anak dan Forum Anak Desa 100 anak.

Selanjutnya dilaksanakan pengukuhan kepada Dewan Perwakilan Anak oleh Plt. Bupati Tulungagung.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang menyampaikan bahwa peringatan Hari Anak Nasional selalu diperingati setiap tahunnya, tentunya ini bukanlah sekedar kegiatan rutin, sebab tujuan utama menyelenggarakan peringatan ini adalah untuk menggugah kepedulian dan kesadaran tentang pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak.

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 mengangkat tema” Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak”. Tema ini sangat relevan dengan kondisi saat ini, dimana berbagai tragedi moral dan akhlak selalu muncul dihadapan kita. Sehingga momentum ini juga sangat tepat untuk merenung bagaimana melindungi anak-anak dari berrbagai dampak negatif globalisasi dengan memperkuat peran keluarga serta mewujudan peng asuhan yang berkualitas.

Pada prinsipnya harus dipahami bersama Pendidikan moral dan kepribadian bagi anak- anak memang bermula dari rumah oleh orang tua untuk kemudian dikembangkan di sekolah oleh guru. Tapi pendidikan berupa teladan dari lingkungan dan masyarakat luas juga memegang peranan penting.

Kita patut berbangga, bahwa dalam pemenuhan hak anak, Kabupaten Tulungagung telah 7 kali memperoleh penghargaan sebagai KABUPATEN LAYAK ANAK dari Pemerintah Pusat. Dan Tahun 2019 kemarin untuk kedua kalinya Tulungagung memperoleh Penghargaan Kategori “NINDYA”.

Tapi janganlah hal ini membuat kita terlena, tetapi harus semakin ditingkatkan unsur-unsur yang dapat menciptakan terpenuhinya hak anak. KLA tidak berarti tidak ada kasus yang melibatkan anak, tetapi bagaimana kasus-kasus tersebut dapat diselesaikan dengan tetap memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak. Dan alhamdulillah Kabupaten Tulungagung berbagai upaya telah kita lakukan bersama dengan memperbaiki berbagai layanan bagi anak meliputi aspek pendidikan, kesehatan, serta pemenuhan hak anak lainnya.

Diantaranya penguatan Unit Layanan Terpadu Perlindungan Sosial Anak Integratif (ULT PSAI) yang memberikan respon terhadap berbagai permasalahan anak. Kedepan saya berharap keberadaan Unit Layanan ini dapat benar-benar menjadi ujung tombak bagi upaya perlindungan dan penanganan berbagai permasalahan anak.

Lebih dari itu dari sisi pendidikan telah terbentuk 32 Lembaga pendidikan Ramah Anak, di sisi kesehatan telah terbentuk 8 Puskesmas Ramah Anak dan 139 Desa Layak Anak. Kedepan semua stakeholder terkait kami harapkan untuk berkomitmen mewujudkan lembaga pendidikan Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak dan Desa layak Anak, Forum Anak Desa, Taman Bermain Ramah Anak & Pusat Kreatifitas Anak di Kecamatan dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat Desa semua bisa 100%.

Selanjutnya pada kesempatan ini, saya ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada pihak-pihak yang peduli dibidang perlindungan anak, pengasuh Panti Asuhan, para pembimbing yang mencurahkan pikiran tenaga dan waktunya untuk mengasuh anak-anak dari berbagai lapisan termasuk penyandang cacat dan mereka-mereka yang memerlukan santunan sosial, semoga keiklasan dari semua pihak mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT.Amin.

Mengakhiri sambutan ini dan tidak bosan-bosannya saya ingatkan pada anak- anakku sekalian, agar kalian berusaha dengan sungguh-sungguh memahami, mengamal kan dan menghayati nilai-nilai ajaran agama yang kalian anut. Belajarlah dengan baik, agar potensi, bakat dan kemampuan yang kalian miliki dapat dikembangkan untuk mewujudkan cita-cita kalian di masa depan.

Jadilah anak-anak yang santun, berbudi pekerti dan berakhlak mulia. Jauhkan diri kalian dari bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang, anak-anakku juga harus pintar mengendalikan penggunaan gadget, sehingga tidak menghilangkan jati diri, empati dan kepekaan dengan lingkungan sekitarnya.

Saya berharap dan berdoa, semoga anak-anak dan remaja Tulungagung dapat menjadi generasi masa depan yang dapat membangun Tulungagung kita ke arah yang lebih baik dan lebih maju lagi.

Pada kesempatan ini pula Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menerima lukisan dari Forum Anak Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu. Lukisan ini hasil karya dari Steven Lanang Yoga Brata dan juga sebagai murid dari SMKN 1 Boyolangu.

Acara ini juga dihadiri oleh :

1. Plt. Bupati Tulungagung beserta ibu

2. Dandim 0807 Tulungagung

3. Wakapolres Tulungagung beserta ibu

4. Perwakilan Pengadilan Negeri Tulungagung

5. Perwakilan Kejaksaan Negeri Tulungagung

6. Ketua GOPTKI Kabupaten Tulungagung

Acara selesai pukul 11.30 WIB dengan lancar dan sukses.

 

Baca Juga

Sosialisasi Gemarikan di Kecamatan Tanggunggunung

Tulungagung, Senin (14/10) – “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan pentingnya makan ikan untuk …