Home / Tulungagung Update / Peringatan Hari Anak Nasional 2019 di Kecamatan Kedungwaru

Peringatan Hari Anak Nasional 2019 di Kecamatan Kedungwaru

Pada hari ini Minggu (4/8/2019) Pemerintah Kecamatan Kedungwaru yang bekerja sama dengan Pena Ananda Club, Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT) Kecamatan Kedungwaru dan Karang Taruna Kecamatan Kedungwaru mengemas kegiatan secara kreatif dan partisipatif untuk penguatan Forum Anak Desa se-Kecamatan Kedungwaru dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019, kegiatan dilaksanakan di Hutan Kota (Huko) Ketanon Kecamatan Kedungwaru. Acara yang dimulai pukul 08.30 WIB yang diikuti oleh 190 orang anak yang merupakan perwakilan anak di masing-masing desa se-Kecamatan Kedungwaru.

Forum anak merupakan salah satu cara pemerintah untuk menenuhi salah satu hak dasar anak, yaitu hak partisipatif. Selain itu, Forum Anak merupakan wadah bagi anak belajar menguatkan diri dan karakter, yang juga merupakan perwujudan hak perkembangannya untuk menyiapkan masa depan mereka. Perlu penguatan Forum Anak Desa (FAD) sebagai wadah partisipatif anak-anak Desa, maka perlu dilakukan satu kegiatan yang partisipatif, nenarik, dan inspiratif bagi anak-anak.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah menguatkan Forum Anak Desa (FAD) melalui penguatan karakter diri, semangat anti narkoba dan cinta sejarah lokal bagi para pengurus dan anggota FAD melalui kegiatan yang menyenangkan, kreatif dan partisipatif.

Acara dimulai dari sambutan-sambutan antara lain :

1. Ketua Sanggar Pena Ananda Cut Zakia yang menyampaikan tentang tujuan dari kegiatan ini.

2. Ketua LPAI Kabupaten Tulungagung Ibu Winie

3. Camat Kedungwaru Anang Pratistianto, ST, M.Si yang sekaligus membuka kegiatan ini dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa seniman terbaik adalah anak-anak. Mereka mempunyai cara tersendiri untuk bisa melahirkan karya baru di luar ekspektasi orang dewasa. Anak-anak adalah aset terbaik sebuah bangsa. Karena ditangan merekalah nantinya bangsa ini akan dibawa kearah yang lebih baik. Anak adalah harapan masa depan peradaban sebuah bangsa. Jadilah generasi penerus bangsa yang lebih baik dan bermanfaat. Jadilah pelita yang memberikan cahaya kebanggaan dan petunjuk untuk masa depan yang jelas dan lebih baik. Semoga anak-anak Indonesia mampu membentuk karakter yang baik bangsa ini dan menjadi generasi terbaik untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Marilah bersama-sama memberikan hak bagi anak-anak kita. Jangan sampai mendzolimi anak akan apa yang seharusnya mereka dapatkan baik berupa kasih sayang, pendidikan dan masa anak-anak mereka. Karena banyak anak-anak yang kehilangan masa anak-anaknya sebelum waktunya.

Acara dilanjutkan dengan Sosialisasi dari BNN Kabupaten Tulungagung dengan tema Generasi Bebas Narkoba.

Selanjutnya dilaksanakan kegiatan yaitu Refleksi “4C Racing” dan Materi. 4 Racing / Balapan ini bertujuan mengenalkan karakter abad 21, yaitu 4 C ( Creativity, Commucation, Collaboration, Critical Thinking). Peserta dikelompokkan berdasarkan desanya (FAD) dan didampingi 1 orang dari Karang Taruna. Peserta akan menuju posko sesuai urutan yang telah ditetapkan, didampingi kakak Karang Taruna, dan menyelesaikan tantangan di posko tersebut. Setiap karakter dari 4C akan diperkenalkan melalui games (permainan) disetiap posko (ada 4 posko) yang disinggahi, dengan basis konten “literasi dan bahasa inggris”.

Ada 4 pos :

1. Lapangan Huko (kolaborasi)

2. Pendopo kantor Kecamatan Kedungwaru (komunikasi)

3. Taman huko (berpikir kritis)

4. Rumah seni “Warkop dewi sri” tentang kreatifitas.

Finish di Pendopo Kedaton Tawangsari yang sekaligus menganalisa hasil kegiatan pada masing-masing FAD yang juga sekaligus pemaparan sejarah kedaton Tawangsari.

Acara juga dihadiri oleh :

1. Forkopimcam Kecamatan Kedungwaru

2. Pj. Kepala Desa beserta ibu.

3. LPAI Kabupaten Tulungagung

Baca Juga

Rapat Pleno Terbuka KPU Kabupaten Tulungagung

Pada hari ini Minggu (11/8/2019) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan …