BERITA TERKINI
Home / Tulungagung Update / Launching Program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tahun 2019

Launching Program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tahun 2019

Pada hari ini Kamis (27/6/2019) BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan kegiatan Lounching Program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tahun 2019 dan Peresmian Desa Sedayugunung Kecamatan Besuki Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dilaksanakan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Jl. R.A. Kartini no. 7 Tulungagung. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB. Hadir dalam acara ini Dirut. BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Deputi Direktur Wilayah Jawa Timur, Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Blitar, Camat se-Kabupaten Tulungagung.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan laporan dari Deputi Direktur Wilayah Jawa Timur Dodo Suharto yang juga sebagai Ketua Pelaksana kegiatan melaporkan bahwa di Desa Sedayugunung sektor ekonomi utama warganya pertanian hutan yang bekerja sama dengan perhutani melalui LMDH (lembaga masyarakat desa hutan) Rimba raya lestari, dengan hasil utamanya berupa jagung, selain itu ada UMKM di desa sedayugunung bernama JANUMANI. Pekerja yang sudah menjadi peserta di Desa Sedayugunung sekitar 617 orang termasuk perangkat desa Sedayugunung.
Kegiatan peresmian desa sadar ketenagakerjaan di Desa Sedayugunung bertujuan untuk meningkatkan produktifitas masyarakat Sedayugunung, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sedayu gunung karena dengan telah terlindunginya para pekerja dalam program BPJS Ketenagakerjaan, akan memberikan rasa tenang kepada pekerja atas risiko sosial yg akan timbul baik dari risiko kecelakaan kerja, kematian atau ketika memasuki usia pensiun.
Adapun program yg diselenggarakan di desa Sedayu gunung antara lain pembuatan rest area, gapura desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan serta pengembangan sektor pariwisata dan umkm. Karena BPJS Ketenagakerjaan percaya bahwa pembangunan dapat berjalan baik dengan memperkuat sektor-sektor masyarakat terluar dalam hal ini masyarakat desa.
Dengan diselenggarakan program desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan, kesadaran masyarakat atas jaminan sosial serta kepastian perlindungan kepada para pekerja.
Selanjutnya sambutan dari Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menyampaikan Program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan inovasi BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan aparat desa dalam pemberian sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pekerja di desa, agar lebih memahami manfaat dari Program BPJS Ketenagakerjaan.
Desa Sedayugunung Kacamatan Besuki Kabupaten Tulungagung terpilih karena telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh bpjs ketenagakerjaan. Salah satu diantaranya adalah telah terdaftarnya Kepala Desa dan perangkatnya pada program BPJS Ketenagakerjaan.
Tujuan dibentuknya Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini agar masyarakat desa mengenal lebih dekat program-program BPJS Ketenagakerjaan sehingga menimbulkan kesadaran akan pentingnya perlindungan jaminan sosial, serta kesadaran para perangkat desa untuk mensejahterakan masyarakatnya yang juga para pelaku ekonomi, antara lain dalam bidang yayasan atau BUMDES, tenaga ahli atau pendamping desa.
Hal ini sejalan dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo pada poin 3 (membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka dan kesatuan) serta poin 5 negara ( meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program “Indonesia Kerja” dan “Indonesia Sejahtera” dengan mendorong land form serta jaminan sosial untuk seluruh rakyat di Tahun 2019.
Program ini juga sebagai upaya pemerataan kesejahteraan, melalui perlindungan jaminan sosial kepada aparatur desa dan seluruh masyarakat desa dengan berbagai profesinya.
Desa sadar jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini sebuah tindakan nyata dari BPJS Ketenagakerjaan dengan memberikan pembinaan dan pemahaman kepada masyarakat desa akan pentingnya sebuah jaminan sosial, dalam menghadapi resiko-resiko sosial yang dapat menimpa kita dimanapun dan kapanpun.
Pada kesempatan ini saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Sedayu Gunung Kecamatan Besuki
dan BPJS Ketenagakerjaan Blitar atas sinergitas dan kerjasama yang baik untuk memajukan desa hingga menetapkan desa ini sebagai desa sadar BPJS Ketenagakerjaan yang pertama di Kabupaten Tulungagung. Program BPJS Ketenagakerjaan ini harus dikuti oleh semua warga masyarakat yang sudah bekerja baik di perusahaan, sektor informal, bahkan pada instansi di tingkat desa.
Dilanjutkan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Blitar dengan Pj. Kepala Desa Sedayugunung, dan selanjutnya penyerahan secara simbolis sertifikat dan kartu peserta kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sedayu Gunung Kecamatan Besuki, serta penyerahan santunan JKM dari Dewan Pengawas Puspita Wulandari yang didampingiPlt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM.
Selanjutnya sambutan dari Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto yang menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Forkopimda Kabupaten Tulungagung yang telah hadir lounching desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan dan sekarang ini diseluruh Indonesia ada 635 Desa yang sudah sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan salah satunya Desa Sedayugunung Kecamatan Besuki. Diharapkan nantinya akan diikuti oleh seluruh desa di Kabupaten Tulungagung.
Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan dan sertifikat kepada :
1. Friski Elva Dika
2. Mohamad Kariyono
3. Bumdes Bukit Bersemi Sedayugunung.
Serta penyerahan klaim jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan kepada :
1. Alm. Suwito dari LMDH Rimba Raya Lestari
2. Alm. Nurhadi dari Kopsyah BTM Amanah
3. Alm. Achmad Syaifudin dari pekerja migran Indonesia sukses bersama yatfuari.
Lalu penyerahan cindera mata hasil karya warga Desa Sedayugunung oleh Plt. Bupati Tulungagung kepada Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Dewan Pengawas dan Deputi Direktur Jawa Timur, selanjutnya penandatangan prasasti sebagi tanda peresmian desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan di Desa Sedayugunung oleh Dirut BPJS Ketenagakerjaan dan Plt. Bupati Tulungagung.
Kegiatan selesai pukul 12.00 WIB dengan lancar dan sukses.

Baca Juga

Sosialisasi Pelaksanaan Adipura 2025

Tulungagung, Selasa (10/9) – “Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini diantaranya adalah terciptanya sinergitas pemerintah daerah …