Home / Tulungagung Update / Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

Pada hari ini Sabtu (1/6/2019) Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Tulungagung Jl. A. Yani Timur no. 37 Tulungagung. Upacara dimulai pukul 07.30 WIB dan yang bertugas sebagai Inspektur Upacara oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryono Birowo, MM serta sebagai Komandan Upacara yaitu Lettu Inf. Haryanto Danramil Kauman.

Inspektur Upacara dalam amanatnya membacakan Sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia sebagai berikut :

Pagi hari ini, Sabtu 1 Juni 2019 kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati Hari Kelahiran Pancasila. Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Indonesia.

Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari keindonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman.

Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai – nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Berkat Pancasila yang berkeadilan dengan nilai – nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas Nasional dalam wadah dan slogan “Bhineka Tunggal lka”.

Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta oleh “Panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus.

Sebagai negara bangsa yang inklusif dan tidak chauvinis diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektika. Maksudnya keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun “Tamansari Kebudayaan” yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat. Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua.

Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Bukan budaya politik yang menimbulkan ketakutan. Kita Indonesia, kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri,optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju , adil, dan Makmur.

Melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun , damai, adil dalam kemakmuran dan Makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Moh. Dimas Mahardika, SSTP staf BKD Tulungagung.

Upacara diikuti oleh Kodim 0807 Tulungagung, Polres Tulungagung, ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, PGRI Tulungagung, Mahasiswa, dan Pelajar. Serta juga diikuti oleh ASN dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah lain yang sudah mudik di Tulungagung.

Upacara selesai pukul 09.30 WIB dengan lancar dan sukses.

 

Baca Juga

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tulungagung Dalam Rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Pada HUT RI Ke-74

Tulungagung, Jumat (16/8). Seperti juga pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini DPRD Kabupaten Tulungagung kembali melaksanakan …