Home / Tulungagung Update / Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 111, Hari Pendidikan Nasional, dan Hari Otonomi Daerah XXIII Tahun 2019

Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 111, Hari Pendidikan Nasional, dan Hari Otonomi Daerah XXIII Tahun 2019

Pada hari ini Senin (20/5/2019) Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-111, Hari Pendidikan Nasional, dan Hari Otonomi Daerah XXIII Tahun 2019 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Tulungagung Jl. A. Yani Timur no 37 Tulungagung. Acara dimulai pukul 08.00 WIB.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang pada sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Tulungagung kami mengapresiasi kepada seluruh unsur lapisan masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya Pemilu serentak tanggal 17 April 2019 yang berjalan lancar, aman, dan tertib. Kami berharap untuk senantiasa menjaga suasana kondusif di masyarakat. Sehingga pelayanan publik dan aktivitas pemerintahan terselenggara dengan aman, lancar, dan terkendali. Kami juga mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H bagi umat muslim, semoga ibadah kita senantiasa diterima oleh Allah SWT. Telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajuan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkat bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ektrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan – perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian.

Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 Tahun 2019, disematkan tema ” Bangkit Untuk Bersatu ” Kebangkitan untuk persatuan Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Ketika diminta merumuskan dasar negara Indonesia dalam pidato di hadapan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno menawarkan Pancasila yang berintikan lima asas. Namun Bapak Proklamator Republik Indonesia tersebut juga memberikan pandangan bahwa jika nilai – nilai Pancasila tersebut diperas ke dalam tiga sila, bahkan satu sila tunggal, maka yang menjadi intinya inti, core of the core, adalah gotong royong. Semangat persatuan dan gotong royong telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara. Ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat diseluruh suku, adat, dan budaya yang ada di Indonesia dengan wujud gotong royong.

Dengan bertumpu pada kekuatan jumlah sember daya manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru dalam aras arah ekonomi dunia. Bersama negara-negara besar lainnya seperti Tiongkok, Amerika Serikat, India, ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi sepuluh besar, bahkan lima besar dunia, dalam 10 sampai 30 tahun mendatang. Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan klim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan.

Pada hari ini kita juga memperingati hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang di ambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh Nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional. Hari Pendidikan Nasional tahun ini, mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadimya sumber daya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan. Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumberdaya manusia menekankan dua penguatan, yaitu Pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Selanjutnya, atas nama Pemerintah Daerah, izinkan Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-ingginya kepada insan pendidikan dan kebudayaan, Ibu dan Bapak pendidik, tenaga kependidikan, pegiat literasi, dan kontributor pendidik lainnya yang telah menyalakan mimpi, membenikan inspirasi membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas, berkarakter kuat, dan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

Pada hari ini kita juga memperingati hari Otonomi Daerah ke-23 dengan Tema “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”. Setidaknya terdapat tiga hal prinsip yang berubah secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah.

Pertama, otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat. KeduaKedua, Otonomi daerah telah menumbuh kembangkan iklim kebebasan berkumpul, berserikat, serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat. Dan yang ketiga, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini, maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat, tidak lagi harus melalui proses panjang dan berbelit-belit. NamunNamun menjadi sangat efisien dan responsif.

Akhir kata, saya haturkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111, Hari Pendidikan Nasional dan, Hari Otonomi Daerah ke-23 Tahun 2019, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong royong, persatuan dan kolaborasi sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global.

INDONESIA BANGKIT! INDONESIA BERSATU!

Acara dihadiri oleh :

1. Plt. Bupati Tulungagung

2. Forkopimda Kabupaten Tulungagung

3. Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung

4. Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung

5. Camat se-Kabupaten Tulungagung

6. Jajaran Polres Tulungagung

7. Jajaran Kodim 0807 Tulungagung

8. Ketua KPU Kabupaten Tulungagung

9. Ketua Bawaslu Kabupaten Tulungagung

10. Bhayangkari Polres Tulungagung

11. Persit Kodim 0807 Tulungagung

12. ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung

13. Pelajar

Acara selesai pukul 10.00 WIB dengan lancar dan sukses.

Baca Juga

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tulungagung Dalam Rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Pada HUT RI Ke-74

Tulungagung, Jumat (16/8). Seperti juga pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini DPRD Kabupaten Tulungagung kembali melaksanakan …