BERITA TERKINI
Home / Tulungagung Update / Buka Bersama Kepala Sekolah

Buka Bersama Kepala Sekolah

Tulungagung, Selasa (14/5/2019) – Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Buka Bersama Dengan Kepala Sekolah Tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMK, SMA/MAN se-Kabupaten Tulungagung dalam rangka di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, acara dimulai pukul 16.30 WIB.

Acara juga dihadiri oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Camat se-Kabupaten Tulungagung. Pada sambutannya Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menyampaikan bahwa untuk mengawali sambutan ini, saya ucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1440 Hijriyah, kepada seluruh Masyarakat Tulungagung khususnya yang hadir pada saat ini, dan insya Allah pada hari ini, kita telah melaksanakan puasa selama 9 hari. Selama 9 hari kita berada di bulan suci Ramadhan ini, perlu kiranya bagi kita untuk mengintrospeksi diri kita masing-masing, apakah kita termasuk orang-orang yang berhasil atau barangkali, malahan menjadi orang-orang yang masuk dalam katagori gagal dalam pandangan Allah SWT. MarilahMarilah kita tingkatkan amal ibadah dan berdoa kepada Allah, mudah-mudahan seluruh amal ibadah kita, diterima oleh Allah SWT dan mendapat balasan yang berlipat ganda.

Pada kesempatan yang insya Allah penuh berkah ini, dan mumpung bertemu dengan bapak ibu kepala sekolah se Kabupaten Tulungagung, perlu saya sampaikan, bahwa sesuai dengan keinginan kita bersama yaitu terselenggaranya Pendidikan Murah, artinya pendidikan yang tidak membebani orang tua murid, dengan iuran dan berbagai pungutan.

Dengan pendidikan murah, diharapkan tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak mengenyam pendidikan. Terlebih bagi anaknya saudara-saudara kita yang kurang mampu. Saya berharap, jangan sampai ada anak yang tidak sekolah karena alasan tidak punya biaya. Namun demikian, dengan program pendidikan murah, jangan sampai mengurangi kwalitas pendidikan yang ada dilembaga masing-masing.

Saat ini adalah waktunya Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) oleh karena itu, saya berharap agar dalam pelaksanaannya, harus memenuhi prinsip keadilan bagi masyarakat agar terhindar dari praktik-praktik kecurangan dari pihak-pihak yang mencari keuntungan. Selain itu, harus memenuhi hak-hak dasar warga negara untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan berkeadilan, dengan menerapkan asas objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan sesuai dengan kondisi Kabupaten Tulungagung. Kita tahu, untuk tahun 2019 ini sesuai Permendikbud Nomor 51 tahun 2018 PPDB menggunakan 3 jalur, yaitu:

I. Jalur prestasi 5 %, dapat melalui prestasi UN atau non-UN.

2. Jalur perpindahan orang tua 5 %, didasarkan tempat pada perpindahan tugas/mengikuti bekerja orang tua calon peserta didik.

3. Jalur Zonasi 90 %, memprioritaskan jarak terdekat dari domisili ke sekolah dengan seleksi berbasis jarak (75%). Di dalamnya sudah termasuk Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) 20% dan kombinasi jarak serta prestasi akademik (15%).

Yang terakhir, saya juga berharap Pendidikan di kabupaten Tulungagung harus bermutu, agar tumbuh anak bangsa yang cerdas, berbudi luhur, beriman, bertaqwa dan mampu bersaing. Pendidikan yang kita laksanakan saat ini adalah untuk mempersiapkan anak didik yang mampu menguasai ilmu dan teknologi di masa depan, yang mampu membangun diri dan bangsanya, seiring dengan berbagai tantangan di era keterbukaan ini.

Di era keterbukaan ini, menempatkan masyarakat dan anak didik pada berbagai pilihan informasi. Serbuan informasi tersebut, bukan tidak mungkin akan menggoyahkan nilai-nilai dan budaya kita. Hal ini harus diwaspadai para pelaku pendidikan yang berada di garda depan, baik itu guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dinas pendidikan dan masyarakat yang peduli terhadap mutu pendidikan. Termasuk orang tua harus mampu membekali anak didik, sebagai pemilik masa depan bangsa, dengan bekal nilai-nilai luhur, kemampuan dan watak yang berakar pada budaya bangsa.

Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini, sekali lagi selamat menunaikan lbadah Puasa 1440 H, semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan hidayah kepada kita sekalian.

Acara dilanjutkan dengan tauziah oleh KH. Muhson Hamdani, M.Sy dengan tema pendidikan murah.

Adapun acara ini dihadiri oleh :

1. Plt. Bupati Tulungagung

2. Kapolres Tulungagung

3. Dandim 0807 Tulungagung

4. Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung

5. Perwakilan Kejaksaan Negeri Tulungagung

6. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung

7. KUPT Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Tulungagung

Acara selesai pukul 18.00 WIB dengan lancar dan sukses.

 

Baca Juga

Sosialisasi Pelaksanaan Adipura 2025

Tulungagung, Selasa (10/9) – “Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini diantaranya adalah terciptanya sinergitas pemerintah daerah …