BERITA TERKINI
Home / Tulungagung Update / Santapan Rohani Ramadhan 1440H

Santapan Rohani Ramadhan 1440H

Pada hari ini Jum’at (17/5/2019) Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan kegiatan Santapan Rohani Ramadhan 1440 H di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

Acara diawali dengan sambutan dari Plt. Bupati Tulungagung yang dibacakan oleh Plt. Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bp. Drs. Arief Boediono, M.Si Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung yang menyampaikan syukur alhamdulillah, tidak terasa kita telah melaksanakan puasa selama 12 hari di bulan suci ramadhan 1440 H, yang berarti kita semua sudah berada di 10 hari kedua Bulan Ramadhan yang disebut masa pemberian maghfiroh (ampunan). Oleh karena itu, jangan sampai kita melewatkan kesempatan mendapatkan ampunan dari Allah SWT, dengan hanya berdiam diri tanpa melakukan aktifitas. Manfaatkanlah setiap hari di bulan Ramadhan sebagai ladang ibadah.

Lakukanlah kebaikan sebanyak-banyaknya dengan memperbanyak tilawah Al Quran, berdoa, sholat shunah, beramal shaleh dan membantu orang lain. Selain itu bekerja, memperbanyak silahturahmi, serta menjaga hubungan baik juga merupakan sebuah ibadah. Semoga semua ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan diberkahi serta dirahmati Allah SWT.

Seringkali kita lupa, esensi Ramadhan yang sesungguhnya. Terkadang Ramadhan hanya dijadikan sebagai bulan beli baju baru, bulan menutup aurat sementara, menahan maksiat sementara, atau sholeh dan bertakwa sementara. Selanjutnya, setelah Ramadhan meninggalkan kita, kita kembali pada kebiasaan sebelumnya, dan budaya sebelumnya. Semoga itu tidak terjadi dan kita tidak termasuk orang-orang seperti itu. RamadhanRamadhan adalah bulan untuk memperbaiki diri dan untuk memulai suatu perubahan. Tentunya perubahan kearah yang lebih baik, bukannya perubahan ke arah yang lebih buruk.

Selanjutnya saya menghimbau, kepada bapak/ibu khususnya para PNS/ASN yang hadiri saat ini, agar ibadah puasa yang kita kerjakan janganlah dijadikan sebagai alasan mengurangi produktivitas kerja karena rasa lapar dan dahaga, tapi jadikanlah ibadah puasa sebagai dorongan untuk meningkatkan produktifitas, karena setiap amal baik yang kita laksanakan pada bulan suci ramadhan dinyatakan sebagai ibadah yang mendapat pahala besar di sisi Allah SWT.

Yang terakhir, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Tulungagung, khususnya yang hadir saat ini untuk saling mendoakan, saling membantu dalam ketulusan, saling menghormati dan menghargai berbagai perbedaan. Jagalah kerukunan yang sudah kita bina selama ini, sambil tetap waspada terhadap berbagai ancaman yang dapat mengganggu indahnya kebersamaan kita.

Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini, sekali lagi selamat menunaikan Ibadah Puasa 1440 H semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan hidayah kepada kita sekalian. Amiin…

Selanjutnya Tauziah oleh KH. Abu Sofyan Sirojudin yang menyampaikan tentang dalam menjalankan ibadah puasa harus bisa mengendalikan nafsu pada diri sendiri.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh:

1. Plt. Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung;

2. Kepala BNN Kabupaten Tulungagung;

3. Kepala Kemenag Cabang Tulungagung;

4. Danramil Tulungagung Kodim 0807 Tulungagung;

5. Ketua PKK Kabupaten Tulungagung;

6. Ketua Dharma Wanita Kabupaten Tulungagung;

7. Ketua Persit Kodim 0807 Tulungagung;

8. Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung;

9. Camat se-Kabupaten Tulungagung;

10. Polres Tulungagung;

11. Kodim 0807 Tulungagung;

12. ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung;

13. Pelajar.

Baca Juga

Sosialisasi Pelaksanaan Adipura 2025

Tulungagung, Selasa (10/9) – “Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini diantaranya adalah terciptanya sinergitas pemerintah daerah …