Home / Tulungagung Update / Pagelaran Wayang Kulit Ki Anom Suroto

Pagelaran Wayang Kulit Ki Anom Suroto

Pada hari Sabtu (28/4/2019) Plt. Bupati Tulungagung menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit dengan Dalang Ki Anom Suroto dan bintang tamu Gareng dengan lakon Banjaran Bolodewo yang digelar oleh keluarga Irjen Polisi (P) Drs. Mudji Waluyo, S.H., M.H bertempat di GOR Lembupeteng Tulungagung Jl. Soekarno-Hatta Kelurahan Kutoanyar Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Acara yang dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB dan disaksikan oleh ratusan penonton.

Pagelaran wayang kulit tersebut digelar dalam rangka memperingati hari pernikahan Bapak D. Soemardji dan Ibu M. Murtinah yang ke-68, sekaligus dalam rangka melestarikan kesenian wayang kulit yang telah diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di PBB sebagai seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa sebagai warisan mahakarya dan tak ternilai dalam seni tutur asli Indonesia.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M menerangkan bahwa lakon Banjaran Bolodewo mengajak dan mengajarkan kepada kita semua untuk meneladani tokoh Bolodewo yang senantiasa menjaga dan menyintai keluarganya. Bolodewo juga merupakan sosok yang berani menegakkan kebenaran. Ia berharap agar kita semua dapat memetik hikmah dari lakon yang diambil oleh Ki Dalang Anom Suroto pada malam hari ini, dari keluarga yang harmonis dapat mewujudkan Tulungagung yang ayem tentrem mulyo lan tinoto.

Baca Juga

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tulungagung Dalam Rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Pada HUT RI Ke-74

Tulungagung, Jumat (16/8). Seperti juga pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini DPRD Kabupaten Tulungagung kembali melaksanakan …