Home / Tulungagung Update / Seleksi Calon Anggota Paskibraka Kabupaten Tulungagung Tahun 2019

Seleksi Calon Anggota Paskibraka Kabupaten Tulungagung Tahun 2019

Pada hari ini Kamis (21/3/2019) Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tulungagung menggelar Seleksi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tahun 2019 di Halaman GOR Lembu Peteng Jl. Soekarno-Hatta Kelurahan Kutoanyar Kecamatan Tulungagung. Acara dimulai pukul 07.30 WIB yang diikuti oleh 649 orang pelajar setingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Tulungagung dari 43 sekolah.

Pada acara pembukaan seleksi calon anggota Paskibra Kabupaten Tulungagung tahun 2019 yang dipimpin oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tulungagung Drs. J. Bagus Kuncoro. Kegiatan ini merupakan persiapan jelang Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 yang akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang. Dalam arahannya J. Bagus Kuncoro mengatakan Calon anggota paskibraka Kabupaten Tulungagung yang akan diseleksi ini merupakan pemuda-pemudi terpilih di sekolah masing – masing. “Kalian harus bangga jika kelak terpilih sebagai anggota paskibraka, karena untuk menjadi paskibraka ini tidaklah mudah, namun harus melalui seleksi yang ketat dan yang terbaiklah yang terpilih”, Ujar Bagus Kuncoro. Selain itu juga menegaskan bahwa untuk bisa terpilih sebagai anggota paskibraka, masing – masing peserta/pelajar harus berjuang sejak dini, karena selain memerlukan pengorbanan, juga memerlukan niat, tekad, semangat, dan kerja keras yang tinggi serta keuletan dan ketekunan.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tulungagung, Sudarmaji, S.Sos., M.Si mengungkapkan pelaksanaan seleksi disamping menjalani seleksi secara fisik, juga mengalami pembinaan secara mental yang tentunya berguna dalam membangun sikap mental yang diperlukan pada pelaksanaan pengibaran bendera merah putih. Darmaji menambahkan, kegiatan yang digelar jangan dimaknai sebagai rutinitas seleksi paskibra. Namun juga harus menjadi simbol persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Hal ini harus dilaksanakan dengan baik dan khidmat. Kami berharap, ini mampu membangun semangat nasionalisme yang lebih baik lagi. Juga mendorong masyarakat untuk memiliki wawasan kebangsaan. Untuk itu, kegiatan paskibra harus dilaksanakan dengan baik,” terang Darmaji.

Lebih lanjut ia menegaskan, agar peserta mengikuti seleksi dengan baik dan benar. Agar tercipta rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan jiwa kebangsaan.

“Saya ingin adik-adik peserta seleksi dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh. Supaya kelak diharapkan melahirkan patriot-patriot bangsa yang tangguh,” tegas Darmaji.

Adapun seleksi yang dilaksanakan antara lain :

1. Seleksi tinggi badan

2. Baris berbaris baik secara kelompok maupun individu

3. Test lari

4. Test Kesehatan

Dari 649 orang peserta untuk seleksi pertama terjaring 160 orang peserta dan dilanjutkan dengan tes kedua yang terjaring menjadi 90 orang peserta calon anggota paskibra Kabupaten Tulungagung.

Acara selesai sampai dengan pukul 18.00 WIB dengan lancar dan sukses walaupun terkendala dengan cuaca hujan.

Baca Juga

Sosialisasi Gemarikan di Kecamatan Tanggunggunung

Tulungagung, Senin (14/10) – “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan pentingnya makan ikan untuk …