Home / Uncategorized / Coffee Morning dan Pemusnahan BMN Hasil Penindakan KPPBC Tipe Madya Pabean C Blitar

Coffee Morning dan Pemusnahan BMN Hasil Penindakan KPPBC Tipe Madya Pabean C Blitar

Pada hari ini Rabu (20/2/2019) Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) TMP C Blitar menyelenggarakan acara Coffe Morning dan Pemusnahan BMN Hasil Penindakan yang bertempat di Hall Hotel Crown Victoria Tulungagung Jl. Supriadi No. 41 Tulungagung. Acara dimulai pukul 09.00 WIB.

Acara diawali dengan Pres Conference Pemusnahan BMN Hasil Penindakan oleh Kepala Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC)TMP C Blitar Moch. Arif Setijo Noegroho dan didampingi oleh

1. Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM,

2. Dandim 0807 Tulungagung Letkol. Inf. Wildan Bahtiar, SIP,

3. Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung Eko Adhyaksa

4. Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung Dr. Johanis Hehamoni, MH

5. Kabagren Polres Tulungagung Kompol. Supriyanto

Kepala KPPBC TMP C Blitar Moch. Arif Setijo Noegroho menyampaikan bahwa pada tahun 2018 Bea Cukai Bitar berhasil melampaui target yang telah dibebankan dalam Kontrak Kinerja. Target tersebut antara lain di bidang penerimaan, pengawasan, pelayanan dan edukasi masyarakat.

Di bidang penerimaan, Bea Cukai Blitar berhasil mengumpulkan penerimaan negara di bidang cukai sebesar 267.800 220.250 melampaui target yang diberikan yakni 253.937.000.000 (105,48%).

Dalam bidang pengawasan terdapat sebanyak 104 Surat Bukti Penindakan serta 3 kasus yang memasuki ranah penyidikan dan kesemuanya telah P21 artinya berkas sudah dinyatakan lengkap dan dapat diteruskan ke persidangan. Tercatat di Tahun 2018, 3.939 965 batang rokok ilegal, 254 botol HPTL dan 7.478 botol MMEA berhasil diamankan dengan total kenugian negara sebesar 1.451.887.070. Dari hasil Survey UGM peredaran rokok ilegal turun dan 12% di tahun 2016 menjadi 7% di tahun 2018.

Dalam bidang pelayanan, hasil survey kepuasan pengguna jasa tahun 2018 di wilayah pengawasan KPPBC TMP C Blitar, mendapatkan indeks 4.3 dari target yang ditetapkan 4.2 darn skala 5. Bea Cukai juga telah menerbitkan izin Gudang Berikat pertama di Blitar an. PT. Rejoso Manis Indo. Dengan diterbitkannya Surat Keputusan Gudang Berikat Pertama di Kabupaten Blitar ini sebagai bentuk dukungan bea cukai untuk pertumbuhan industri gula nasional serta perkembangan ekonomi daerah.

Dan segi komunikasi dan edukasi, pada tahun 2018, bea cukai blitar telah megadakan sosialisasi sebanyak 15 kali, meliputi penyuluhan anti rokok illegal,sosialisasi peraturan kepabeanan bagi calon pekerja migran Indonesia, serta anti narkoba. Sosialisasi tersebut sebagian menggunakan dana DBHCHT serta bekerja sama dengan pihak terkait, yaitu Pemda, BNN dan PJTKI. Indeks keberhasilan sosialisasi tercapai sebesar 88.52 dari target yang ditetapkan yaitu 80 darí skala 100.

Indikator-indikator capaian Bea Cukai Blitar tersebut tertuang dalam Kontrak Kinerja yang telah ditandatangani pada Tahun 2018. Dalam mewujudkan sistem pengelolaan kinerja yang bak, Bea Cukai Bitar telah menerapkan sistem pengelolaan kinerja berbasis Balanced Scorecards (BSC) sehingga kinerja Bea Cukai Blitar diukur atas dasar penilaian indikator Kineja Utama yang merupakan Indikator keberhasilan pencapaian sasaran-sasaran strategis.

Dilanjutkan dengan acara Coffe Morning dan acara dibuka Kepala Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC)TMP C Blitar Moch. Arif Setijo Noegroho menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya Coffe Morning ini yaitu menjalin silaturahmi diwilayah kerja Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC)TMP C Blitar dan sekaligus memberitahukan capaian kinerja Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC)TMP C Blitar tahun 2018. Dan untuk tema dari acara Coffe Morning ini adalah ” Bersama Kita Bisa Bersinergi Menggapai Prestasi “.

Selanjutnya sambutan dari Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM mengucapkan selamat atas capaian Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, khususnya Bea Cukai Blitar yang telah melampaui target penerimaan cukai. Disampaikan pula penghargaan yang setinggi-tingginya kepada hadirin sekalian terkhusus perwakilan dari Perusahaan Rokok dan Minuman Mengandung Etil alcohol disini yang sudah berkontribusi penting dalam menghimpun penerimaan negara di bidang cukai. Atas kerja keras bapak ibu sekalian, penerimaan cukai di tahun 2018 dapat mencapai angka 267,8 miliar rupiah. Ini merupakan hasil yang fantastis mengingat target yang diberikan adalah 253,9 miliar rupiah, artinya meningkat sejumlah 105,46%.

Penerimaan cukai yang telah tercapai tersebut sangat membantu untuk menyehatkan APBN. Selain itu berdampak pda dalam peningkatan DBHCHT serta pajak rokok daerah. Kita memiliki DBHCHT yang ada di kisaran 17,7 miliar untuk Kab. Tulungagung. 15,7 miliar untuk Kab. Blitar. 13,6 miliar untuk Kota Blitar, dan 13 miliar untuk Kab. Trenggalek. Kita patut bersyukur karena DBHCHT ini dapat digunakan untuk mendanai! peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai, dan pemberantasan barang kena cukai illegal sebanyak 50% dari dana tersebut. Selain DBHCHT , penerimaan daerah juga terhimpun dari Pajak rokok sebesar 26,7 miliar pada tahun 2018. Dana tersebut dialokasikan untuk program jaminan kesehatan nasional (JKN). Melalui merekalah perekonomian wilayah dapat meningkat dan mampu bersaing dalam perdagangan internasional. Peran Bea Cukai juga sangat diharapkan untuk memfasilitasi industri lKM ini melalui pemberian izin karena dapat meningkatkan investasi demikian juga logistic dapat lebih lancar. Akhir kata melalui acara ini, saya harap semua dapat berkomitmen untuk professional dan menjaga integritas kita dalam menghimpun penerimaan negara. Pengawasan di bidang cukai serta selalu mendukung perekonomian bangsa ini. Sekian sambutan dari saya apabila terdapat salah kata atau perbuatan saya memohon maaf yang sebesar besarnya.

Acara dilanjutkan dengan memberikan penghargaan berupa plakat dan sertifikat kepada 10 pembayar cukai yang tersebar di wilayah pengawasan KPPBC TMP C Blitar dan penghargaan tersebut diberikan oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM antara lain :

1. PT. KARYA DIBYA MAHARDIKA

2. PT. ARTHA JAYA ABADI BERSINAR

3. PT. MARGANTARA JAYA

4. PT. BOKOR MAS

5. PT. CAHAYA TIGA SAUDARA SEJATI

6. PR. ALAINA

7. PT. PURA PERKASA JAYA

8. PR. DUA DEWI

9. CV. CEMPAKA

10. PR. ALFI PUTRA

Disampaikan pula ucapan terima kasih dan penghargaan kepada instansi dan media yang berperan penting dalam mengedukasi masyarakat mengenai Peraturan Kepabeanan dan Cukai, serta sosialisasi dan penyuluhan mengenai STOP Rokok Ilegal antara lain :

1. Asisten Bidang Perekonomian Kabupaten Tulungagung;

2. Asisten Bidang Perekonomian Kabupaten Trenggalek;

3. Asisten Bidang Perekonomian Kabupaten Blitar;

4. Asisten Bidang Perekonomian Kota Blitar;

5. JTV;

6. AB TV;

7. ANTARA NEWS;

8. BBS TV;

9. KS TV;

10. DOHO TV;

11. DETIK.COM;

12. KORAN MEMO;

13. MADU TV;

14. Radio Mayangkara FM;

15. MNC TV;

16. Radio Patria FM;

17. TIMES;

18. Koran Surya;

19. Kepala BNN Kabupaten Blitar;

20. Kepala BNN Kabupaten Tulungagung;

21. PJTKI PT. ASA JAYA;

22. PJTKI PT. MAHA YANA;

23. KPPBC TMC KEDIRI;

Penyampaian penghargaan kepada yang berperan dalam penegakan hukum di bidang cukai, terutama kepada pihak yang turut serta membantu pelaksanaan proses penyidikan dengan tiga kasus telah P21 tinggal proses persidangan, dan penghargaan diberikan kapada :

1. Kapolres Blitar;

2. Kapolresta Blitar;

3. Kapolres Tulungagung;

4. Kapolres Trenggalek;

5. Dandim 0808 Kota Blitar;

6. Dandim 0807 Tulungagung;

7. Dandim 0806 Trenggalek;

8. Komandan Yonif 511;

9. Komandan Sub Detasement PM Blitar;

10. Kepala Kejaksaan Negeri Kota Blitar;

11. Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung;

12. Kepala Kejaksaan Negeri Trenggalek;

13. Kasatpol PP Kota Blitar;

14. Kasatpol PP Kabupaten Blitar;

15. Kasatpol PP Kabupaten Tulungagung;

16. Kasatpol PP Kabupaten Trenggalek;

17. Ketua Pengadilan Negeri Blitar;

18. Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung;

19. Kalapas Blitar;

20. Kalapas Tulungagung;

21. Kepala Rubasan Blitar;

22. Pengacara Reza T;

23. Pengacara Bambang S;

24. Kakanwil Jatim II;

25. KPPBC TMC Malang.

Kegiatan selesai pukul 12.00 WIB dengan lancar dan sukses.

Baca Juga

Pengumuman Panitia Seleksi Calon Direktur PDAM “Tirta Cahya Agung” Kabupaten Tulungagung