Home / Tulungagung Update / Bimbingan Teknis Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Gratis 2017

Bimbingan Teknis Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Gratis 2017

“Kalau negara mau kuat maka perkuatlah pendidikan, yaitu perkuat kesejahteraan Guru” demikian kalimat pembuka Wakil Bupati Drs. Maryoto Bhirowo MM menyitir pendapat Abraham Lincoln Presiden Amerika Serikat, saat menyampaikan sambutan Bupati pada kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Gratis Tahun 2017 di Hotel Istana, Rabu 20 September 2017.  Pendidikan murah dan berkualitas sendiri adalah salah satu visi misi dari dari pasangan Sahto untuk itu pemerintah Kabupaten Tulungagung merealisasikan dengan kegiatan Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Gratis tahun 2017. Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Gratis ini dalam rangka pelaksanaan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun mulai tingkat SD hingga SMP yang dilakukan mulai pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anakmemiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Kegiatan Bimtek Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Gratis Tahun 2017 ini bertujuan diantaranya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pengelolaan bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Gratis tahun 2017, serta memahami dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan” hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tulungagung Suharno, MM, M.Pd saat menyampaikan Laporan Pelaksanaan. Adapun peserta dari kegiatan Bimtek ini diantaranya adalah:

  • Kepala SMP Negeri 48 orang
  • Kepala UPT Dindikpora kecamatan 19 orang
  • Ketua Panitia Pengelola Bantuan Pendidikan SD Negeri 612 orang
  • Ketua Panitia Pengelola Bantuan Pendidikan SMP Negeri 48 orang

Adapun bantuan yang diberikan seluruhnya sebesar Rp. 30.539.710.000,- dengan rincian untuk SD Negeri sejumlah 612 lembaga dengan jumlah siswa 25.870 siswa dengan jumlah anggara sebesar 14.562.290.000,- sedangkan untk tingkat SMP Negeri sejumlah 48 lembaga dengan jumlah siswa sebanyak 33.507 siswa dengan anggaran sebesar Rp. 15.977.420.000,-. Dalam pelaksanaan kegiatan Bantuan Penyelenggaraan Sekolah Gratis ini menggunakan prinsip efisien, efektif, transparan, akuntable, kepatutan dan manfaat sehingga dalam pelaksanaannya bisa tepat sasaran.

Diharapkan dengan adanya bantuan pendidikan ini nantinya dapat meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tuasehingga Program Pendidikan Murah Berkualitas dapat terwujud di Kabupaten Tulungagung. Sedangkan untuk kedepannya bantuan seperti ini akan terus bisa diprogramkan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Sehingga akan terwujud Tulungagung yang Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto. (DISKOMINFO)

Baca Juga

Lomba Desain Batik SENADA (Seni dan Budaya Dekranasda) dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 815