KONSULTAN PENDAMPING PLUT K-UMKM TULUNGAGUNG SIAP JALANKAN PROGRAM UMKM NAIK KELAS

Gedung PLUT K-UMKM Tulungagung baru saja diresmikan hari jumat 9 Desember 2016 oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Dan, banyak  masyarakat Tulungagung yang belum tahu fungsi kegunaan gedung tersebut. Termasuk, keberadaan 5 konsultan pendamping yang akan menempati gedung yang berada di pasar Legi Ngantru Tulungagung itu.

Visi dari PLUT K-UMKM adalah “Menjadi Pusat Layanan Terpadu Yang Memampukan Koperasi dan UMKM Dalam Mengembangkan Potensi Unggulan Daerah”. Misinya: 1) Menjadi pendamping dan pembina yang dapat memberikan solusi permasalahan pada KUMKM (centre for problem solving). 2) Menjadi mediator dan sumber informasi yang dapat memberikan rujukan yang tepat pada KUMKM untuk mendapatkan solusi yang spesifik (centre of referral). 3) Menjadi etalase dan sumber inspirasi yang dapat menghadirkan praktik terbaik dari pengembangan KUMKM (centre for best practice).

5 Konsultan pendamping PLUT K-UMKM Tulungagung yakni : Bidang Kelembagaan oleh Ahmad Fauzi, Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) oleh Saivol Firdaus, Bidang Pembiayaan oleh Efriza Pahlevi Wulandari, Bidang Pemasaran oleh Yenni Mandaricha Sutedjo, Bidang Produksi oleh Bambang Hermanto. Yang secara garis besar mereka akan melakukan pendampingan atau mentoring Bisnis bagi para pelaku UMKM di Tulungagung.

Terkait dengan Arah strategi PLUT KUMKM, diharapkan dalam waktu 4 tahun kedepan akan menjadi Center of Excellence di daerah masing-masing. Hal tersebut akan ditempuh melalui empat fase:  meningkatkan awareness,  membangun kepercayaan, menjembatani/ intermediasi, dan menjadi Center of Excellence.

Acara Peresmian Gedung PLUT K-UMKM Tulungagung tersebut sekaligus Re-Branding logo PLUT K-UMKM menjadi  CIS SmesCo (Center for Integrated Service of SMEsCo), sedangkan SMEsCo adalah Small Medium Enterprise Cooperative, yang apabila di terjemahkan adalah : Pusat Layanan Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi & UKM Ir. Yuana Sutyowati, MM menjelaskan pentingnya Re-Branding terhadap PLUT-KUMKM. “Re-Branding PLUT-KUMKM adalah bagian dari langkah transformasi dalam rangka penajaman tujuan dan sasaran program dan optimalisasi peran dan fungsi dalam pelayanan UMKM Naik Kelas.”

Logo baru PLUT dikembangkan dari bentuk siklus yang melambangkan values dari PLUT yaitu: Sinergis, Kompeten, dan Lokal. Sedangkan Siluet lingkaran merepresentasikan kekuatan dari sisi layanan konsultasi/pendampingan yang dilakukan oleh PLUT dalam mengembangkan KUMKM.

Tiga warna yang ada di logo baru PLUT yakni: Merah melambangkan kekuatan, berjiwa muda dan bersemangat seperti PLUT yang selalu bersemangat dalam membantu KUMKM untuk Naik Kelas. Hijau melambangkan sikap bertumbuh sebagaimana PLUT yang bertumbuh dan memajukan KUMKM untuk lebih kuat dan berkembang. Biru melambangkan kepercayaan, kekuatan, dan kemandirian PLUT.

Melalui Re-Branding PLUT KUMKM diharapkan akan mempertegas fungsi intermediasi PLUT KUMKM dalam tiga hal: 1) Memfasilitasi KUMKM melalui pendampingan, galeri, pengembangan produk unggulan, dan lain-lain. 2) Optimalisasi KUMKM dengan me-leverage fasilitas dan sarana-prasarana yang telah dimiliki PLUT-KUMKM. Dan 3) Memperdayakan pendamping KUMKM/ Konsultan Bisnis yang berada di sekitar daerah operasional PLUT melalui berbagai skema kerjasama yang saling menguntungkan.

Dilaksanakan juga penandatangan Nota Kesepahaman PT. BANK NASIONAL PERSERO TBK dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung tentang dukungan Pasar Online (Marketplace) untuk peningkatan UMKM melalui Rumah Kreatif, Pembiayaan dan Keagenan. Penyerahan sertifikat Capacity Building oleh Menteri Koperasi kepada Konsultan Pendamping PLUT K-UMKM Tulungagung, Bidang Pemasaran, Yenni Mandaricha dan Bidang Produksi Bambang Harianto.

Menteri Koperasi dan UKM juga menyerahkan serfitikat Hak Cipta, Penyerahan IUMK, Penyerahan NIK, Penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BRI, Bank BNI, Bank Daerah Tulungagung. Usai memberikan sambutan, Menteri Koperasi dan UKM dengan didampingi oleh Bupati Tulungagung, Deputi RI Kemenkop, Dirut PT. TELKOM, Kadis Koperasi dan UMKM Tulungagung segera meresmikan Gedung PLUT K-UMKM Tulungagung, Launching Kampung Digital, serta Rebranding PLUT KUMKM ditandai dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan Penandatanganan Prasasti.

Rangkaian acara peresmian Gedung PLUT K-UMKM Tulungagung sukses berkat dukungan PT.TELKOM Indonesia yang turut melaunching program Kampung Digital. Yang mana tujuan Kampung Digital tersebut adalah menjadi media online bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk produk mereka lewat internet. Sekaligus menyediakan pelatihan pelatihan khusus bagi pelaku UMKM tentang pemasaran online. PT. Telkom Indonesia juga menyediakan bandwith yang besar pada saat acara peresmian Gedung PLUT KUMKM Tulungagung, yang digunakan untuk Video Conference. Yakni wawancara langsung Menteri Koperasi dengan Bintang Cantik Onyx – Sentra Kerajinan Marmer, UD. SKD – Kerajinan Logam Atribut Militer, Polri, dan PJU.

Menteri Koperasi dan UKM dengan didampingi oleh Bupati Tulungagung, Deputi RI Kemenkop, Dirut PT. TELKOM, Kadis Koperasi dan UMKM Tulungagung beserta rombongan dan para awak media mengunjungi satu persatu stand Bazar UMKM di halaman Gedung PLUT K-UMKM Tulungagung. Antara lain stand kuliner, makanan ringan, dan aneka minuman, kerajinan, craft dari Forum Komunikasi (FORKOM) UMKM Tulungagung.

                                                                                 

 

 

 

Last modified on Tuesday, 13 December 2016 11:36

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
  • No comments found