Dalam transaksi perdagangan penggunaan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya sangatlah penting karena harus mampu memberikan jaminan ketelitian, ketepatan, keakuratan dan keabsahan hasil pengukuran, penimbangan dan penakaran. Oleh sebab itu untuk melindungi kepentingan umum di sektor industri dan perdagangan perlu adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standar satuan, metode pengukuran dan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya.

Untuk meningkatkan kualitas hasil penimbangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung melaksanakan kegiatan sosialisasi yang berkaitan dengan alat UTTP (Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya), dengan narasumber dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur dan Unit Pelaksana Teknis Kemetrologian Kediri.

Pelaksanaan sosialisasi 2 (dua) hari pada tanggal 24-25 Juni 2014, bertempat di Hall Hotel Narita Jl. KH. Agus Salim No. 87-89 Tulungagung, dengan peserta sebanyak 120 orang pedagang, baik yang berjualan di pasar maupun di lingkungan perumahan serta IKM Makanan minuman yang menggunakan alat UTTP dalam kegiatan usahanya.

Materi yang disampaikan oleh narasumber meliputi tentang pengertian Metrologi, tentang tata cara penggunaan timbangan yang baik dan benar yang sesuai dengan peraturan UU, tentang BDKT (Barang Dalam Keadaan Terbungkus) serta Hak dan Kewajiban Pemilik alat UTTP. Disamping diberikan materi peserta juga mendapatkan bantuan berupa Timbangan Meja, dengan harapan dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan memperlancar usahanya. Kegiatan ini bertujuan untuk kepentingan umum baik kepentingan pembeli dan pedagang Konsumen diharapkan menjadi cerdas, mandiri dan cinta produk dalam negeri.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
  • No comments found