Pameran Batik terbesar di Indonesia timur kembali digelar untuk ke 9 kalinya di Jawa Timur, merupakan event promosi industri kerajinan batik dan bordir nasional di Jawa Timur yang diselenggarakan tanggal 14 - 18 Mei 2014. Dan telah diikuti lebih dari 160 peserta batik, bordir dan aksesoris, dan menampilkan berbagai produk. Desain dan motif pilihan batik tradisional maupun modern dari kalangan pengusaha industri dan perajin bati, bordir, tenun, songket, sulaman, busana tradisional dan beragam aksesoris pilihan wanita.
Event ini digelar dengan maksud dan tujuan memberi apresiasi dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada para pengusaha dan perajin batik dan bordir daerah untuk dapat lebih meningkatkan dan menggembangkan kreatifitas, produktifitas maupun jaringan pasar secara maksimal di pasar global.

Dari Kabupaten Tulungagung menampilkan Satrio Manah, Kalang Kusuma, Gayatri dan Liris Manis yang kesemuanya merupakan IKM Batik Tulungagung.

Dari laporan masing-masing peserta didapatkan bahwa Shodiq (Batik Kalang Kusuma) mendapatkan 22 juta rupiah lebih secara cash selama pameran dan mendapatkan pesanan sejumlah 15 juta rupiah lebih berupa kain batik tulis.

Satrio manah mendapatkan 31 juta rupiah lebih secara cash dan pesanan 14 juta rupiah atau 32 potong kain batik.

Sedangkan Batik Liris Manis (Boby) mendapatkan nilai penjualan selama pameran 14 juta rupiah, dan Batik Gayatri (Setyo Hadi) sejumlah hampir 2 juta rupiah dan pesanan sejumlah 6 juta rupiah berupa kain batik sarimbit motif kembang sore.

Dalam event ini juga diserahkan beberapa penghargaan, diantaranya dari Tulungagung mendapat Juara I kategori guru dalam lomba desain batik. Dan stand Tulungagung juga mendapat juara II dalam penataan stand terbaik.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
  • No comments found