Salah satu teknik cetak yang sangat sederhana, tanpa memerlukan investasi yang tinggi adalah cetak sablon. Teknik ini banyak diterapkan dalam berbagai sektor kehidupan manusia. Walaupun dalam realisasinya bahwa teknik cetak sablon hanya bagian dari wirausaha perumahan (home industri), tetapi teknik ini masih sangat signifikan untuk terus dapat dikembangkan. Tidak menutup kemungkinan dengan adanya perkembangan teknologi dalam industri, teknik cetak sablon saat ini telah dikembangkan dengan menggunakan komputer dalam hal pembentukan gambarnya pada screen (computer to screen/CtS).

Di sisi lain bahwa proses cetak sablon juga sudah merambah ke berbagai industri seperti: industri keramik, elektronik, packaging, tekstil, garmen, dan industri umum.Hal ini sangat terasa, karena seluruh sentra-sentra kehidupan masyarakat hampir tidak lepas dari adanya pemanfaatan teknik cetak ini.

Pembinaan kali ini para IKM sablon kami tekankan pada pelatihan desain grafis adapun arti desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Barata Convention Hall pada tanggal 22 Mei 2014 sebanyak 50 Orang yang tersebar di wilayah Kabupaten Tulungagung dengan instruktur lokal dan profesional, harapan setelah diadakannya pelatihan dan bantuan peralatan khususnya peserta dapatnya dijadikan sebagai modal awal kedepan untuk berproduksi dan dimanfaatkan secara maksimal.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
  • No comments found