Jamu adalah obat tradisional berbahan alami warisan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi untuk kesehatan. Pengertian jamu dalam Permenkes No.003/Menkes/Per/I/2010 adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Sebagian besar masyarakat mengkonsumsi jamu karena dipercaya memberikan andil yang cukup besar terhadap kesehatan baik untuk pencegahan dan pengobatan terhadap suatu penyakit maupun dalam hal menjaga kebugaran dan meningkatkan stamina tubuh. Menurut WHO, sekitar 80 % dari penduduk di beberapa negara Asia dan Afrika menggunakan obat tradisional untuk mengatasi masalah kesehatannya.

Program pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian rencana/program tahunan dalam rangka mendukung lomba P2WKSS untuk meningkatkan harkat dan martabat wanita umumnya dan wanita pengusaha khususnya. Mengingat akan fungsi dan pentingnya kegiatan ini, maka Disperindag sebagai instansi pembina industri kecil dan menengah di Kab. Tulungagung berupaya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas industri kecil sehingga dapat berperan dalam pembangunan dibidang ekonomi serta dapat menunjang pendapatan keluarga.

Untuk menjawab isu tersbut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Tulungagung mengadakan pelatihan jamu di Balai Desa Panggungrejo Kec. Tulungagung yang dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung yang pada kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Ir. Budi Siswantoro dan diikuti oleh 15 pengusaha jamu tradisional. Dalam pelaksanaannya peserta dipandu dan dibimbing oleh instruktur yang ahli di bidangnya dan berpengalaman.

Peserta pelatihan jamu ini diharapkan dapat berperan aktif dalam diskusi dan praktek membuat minuman jamu, sehingga tujuan kegiatan ini dapat tercapai dengan menghasilkan hikmah dan manfaat yang besar bagi industri kecil minuman jamu di Kab. Tulungagung khususnya dan bangsa Indonesia umumnya.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
  • No comments found