Alun-alun Tulungagung yang berada di Selatan Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bangso, yang telah ditata menjadi taman kota, merupakan salah satu tujuan rekreasi keluarga yang murah pada saat siang dan sore hari maupun waktu libur sekolah. Di Alun-alun ini, selain ditumbuhi pohon yang rindang dan tanaman hias yang tertata apik. Juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain anak-anak, tempat out Bond areal bermain dengan pasir laut serta sarana olah raga jalan kaki.

Pada siang hari ratusan burung merpati juga berada di Areal Alun-Alun ini, bahkan untuk hari minggu untuk keliling alun-alun juga ada dokar/kereta kuda yang memang disediakan bagi para pengunjung.

Di Taman yang mendapatkan predikat sebagai taman kota terbaik tingkat Nasional tahun 2012 memang tempat yang pas untuk bersantai, udara sejuk sepanjang hari, serta fasilaitas parkir yang luas sehingga mudah dijangkau.

Anak-anak muda dari berbagai komunitas juga banyak melakukan kegiatan disini, seperti seperti group Breaking Rooster Crew Tulungagung, setiap minggu pagi melakukan latihan di alun- alun, juga kelompok Tricing, Sky Board, Pecinta Sepeda BMX karena pada minggu pagi, jalan seputar alun-alun dan beberapa jalan protokol dalam kota bebas dari kendaraan bermontor sebagai pelaksanaan Car Free Day.

Masih seputar alun-alun Tulungagung, ada juga komunitas anak muda yang cukup unik. Mereka mereka tidak menunjukkan kemahirannya dirinya tapi mereka membawa berbagai hewan piaraan untuk ditunjukkan para pengunjung alun-alun, seperti Neo dari Kepatihan, Ia membawa musang pandan kesayangannya, juga ada yang menunjukkan biawak, bahkan tupai terbang Australia. "Kami hanya memperkenalkan hewan-hewan ini kepada masyarakat, agar mereka terutama anak-anak lebih mengenal dan melihat secara langsung serta ikut menyayangi binatang, di Pendopo Tulungagung juga banyak mas," ujar Neo. (ttk/Humas)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
  • Matt Loava

    Sayang banyak pedagang yg juaLan di sekitar dan di daLam aLun2, berdampak kotor ga tertib bnyak sampah berserakan sisa juaLan...
    Dan jg mohon ditertibkan apa yg sharusnya ada di alun2 dan yg tidak seharusnya berada di aLun2, jangan hanya karena faktor "X" suatu haL bisa masuk dalam apa yg sharusnya berada di alun2 pdhal sebaliknya,,, yg tegas sesuai peraturan yg berlaku,, terima kasih