Home / Tulungagung Update / Pengolahan Arsip Berkas Perkara di Kejaksaan Negeri Tulungagung Oleh Dipersip

Pengolahan Arsip Berkas Perkara di Kejaksaan Negeri Tulungagung Oleh Dipersip

Tulungagung, Kamis (11/7) “Mengolah arsip yang ada di Kejaksaan Negeri Tulungagung ini lebih mudah dibanding arsip-arsip dari instansi yang lainnya, utamanya Arsip Berkas Perkara. Dirasa lebih mudah karena arsip sudah berupa bendel buku Berkas Perkara, sehingga petugas dari Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan tinggal mengolah sesuai SOP tentang pengolahan arsip” disampaikan oleh Silan Baidlowi Kasi Arsip Dinamis pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Tulungagung.

 

Korps Adyaksa merasa perlu untuk melakukan penata laksanaan arsip-arsip Berkas Perkara ysng merupakan arsip abadi yang tidak akan dimusnahkan. “Arsip Berkas Perkara yang dilakukan pengolahannya ini adalah arsip-arsip dari perkara pidana umum antara tahun 2015 hingga 2018, dimana setiap bulannya perkara yang didaftarkan sebanyak kurang lebih 40 perkara. Sedangkan tujuan dari pengolahan arsip ini adalah untuk memudahkan para pihak untuk mencari informasi terkait dengan perkara ysng dicari informasinya” disampaikan Andi Subangun Kasi Pidum pada Kejaksaan Negeri Tulungagung saat mendampingi proses pengolahan arsip di ruang arsip Korps Adyaksa yang terletak di Jln. Jayeng Kusumo.

 

Arsip-arsip Berkas Perkara yang kesemuanya sudah dibendel dengan cover merah tersebut memuat informasi diantaranya adalah nomer regrestrasi perkara, noreg tahanan, noreg bukti, nama terdakwa, pasal dakwaan, putusan pengadilan serta siapa jaksa yang menangani. Nantinya arsip tersebut akan dimasukkan box yang di cover boxnya hanya memuat nomer index tanpa informasi tentang kontennya. Hal ini untuk memghindarkan dari kemungkinan box tersebut dibuka oleh yang tidak berhak. Sedangkan rekap index terdokumentasi secara rinci dan hanya diketahui oleh yang berwenang. (Sekar)

Baca Juga

Manasik dan Pelepasan Jama’ah Haji Kabupaten Tulungagung Tahun 2019

Senin (8/7/2019) Kementrian Agama Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Manasik dan Pelepasan Jama’ah Haji Kabupaten Tulungagung Tahun …