Home / Tulungagung Update / Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2019 Polres Tulungagung

Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2019 Polres Tulungagung

Pada hari ini Senin (8/7/2019) Polres Tulungagung melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak di Kabupaten Tulungagung Tahun 2019 yang dilaksanakan di GOR Lembu Peteng Tulungagung. Apel yang dilaksanakan mai pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh jajaran Polri, TNI dan Linmas.

Sebagai Pembina Apel yaitu AKBP. Tofik Sukendar, SIK Kapolres Tulungagung yang didampingi oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dan Dandim 0807 Tulungagung Letkol. Inf. Wildan Bahtiar, SIP dalam amanatnya menyampaikan bahwa sesuai dengan rencana pengamanan pilkades serentak 2019 yang khususnya di wilayah kabupaten tulungagung yaitu pemilihan kepala desa hari ini kita melaksanakan apel dalam rangka pergeseran pasukan pengamanan pilkades serentak 2019 untuk di tempatkan ke desa-desa dan polsek-polsek, sedangkan pasukan yang stand by di mako polres melaksanakan patroli gabungan dengan tni dan instansi terkait.

diketahui bahwa wilayah kabupaten tulungagung tahun 2019 beda dengan tahun-tahun sebelumnya maka perlu adanya dukungan semua pihak untuk saling kerja sama dan sinergitas dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi. Potensi –potensi kerawanan yang muncul di tempat kita terkait pilkades serentak 2019 sudah di prediksi oleh intelijen tinggal bagaimana kita mengelola dengan baik potensi-potensi kerawanan tersebut untuk tidak menjadi gangguan nyata. Semua stakeholder agar bersinergi untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat agar ikut serta menjaga situasi tetap kondusif dalam pelaksanaan pilkades ini, kapolsek bersama muspika agar berikan arahan teknis app kepada petugas pam pilkades untuk memberikan informasi wilayah masing masing sehingga petugas pengamanan dapat melaksanan tugas sesuai tupoksinya.

Hari h pungut suara tinggal 1 hari lagi tepatnya besuk hari selasa tanggal 9 juli 2019 dengan jumlah desa adalah 239 desa, jumlah pemilih tetap adalah 50.043 (lima puluh ribu empatpuluh tiga) dengan penerapan pola pam sesuai tingkat kerawanan di masing-masing desa maka personil polri yang di tugaskan pengamanan sebanyak 5.656 personil, TNI sebanyak 1.295 personil, personil linmas sebanyak 2.390 personil. Untuk anggota polri kuat personil cukup banyak kalau menggunakan personil intern Polres Tulungagung sudah barang tentu tidak cukup sehingga minta bantuan dari brimob polda jatim dan polres jajaran polda jatim.

Perlu diketahui dan antisipasi potensi kerawanan pada saat menjelang hari h pungut suara adalah sabotase, teror bom, pengrusakan, pembakaran tps, kotak suara, kartu suara serta sarana prasarana pendukung lainya, intimidasi kepada panitia, petugas pilkades, pemilih yang hendak menuju ke tempat pilkades dan kemungkinan adanya money politik atau sering di sebut dengan istilah serangan fajar, adanya Pemilih ganda, pemilih yang syah tidak terdaftar, penggunaan kartu pemilih milik orang lain, provokasi dari oknum-oknum tertentu untuk menggagalkan jalanya pilkades dan potensi-potensi kerawanan yang lain sampai dengan penghitungan suara serta pengiriman kembali logistik ke kabupaten.

Saya berharap dengan kerawanan tersebut yang sangat mungkin akan muncul terjadi gangguan nyata, saudara–saudara harus peka dan tanggap terhadap gejala-gejala yang muncul serta agar dapat mengambil langkah-langkah yang cepat, tepat dan profesional dalam penangananya.

Kita semua mempunyai tanggung jawab yang sama besar untuk mengawal terselenggaranya pilkades serentak di tulungagung yang aman dan damai merupakan harapan kita semua bahwa pilkades harus aman dengan berpedoman pada adanya kepastian hukum, tertib dalam penyelenggaraan pilkades secara terbuka, akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas.

Setiap masalah harus segera di antisipasi sedini mungkin agar tidak terjadi atau masalahnya melebar lebih luas, kita semua tidak menginginkan pilkades di warnai dengan keributan dan cacat hukum yang akhirnya menimbulkan kerawanan konflik dan kerawanan keamanan serta menganggu ketertiban masyarakat.

Oleh karena itu saya mengajak kepada semua pihak secara tekun dan aktif mengikuti perkembangan situasi dan jangan under estimate atau menganggap remeh masalah sekecil apapun informasi sangatlah bermanfaat untuk kita kaji, pelajari dan klarifikasi sehingga dapat kita antsipasi secara dini.

Adapun penekanan saya kepada personil yang terlibat pengamanan pilkades apabila terjadi gangguan keamanan saat pungut suara maka lakukan tindakan sebagai berikut :

1. Setiap pamatwil dan padal untuk bertanggungjawab terhadap personil yang melakukan pengamanan pilkades.

2. Setiap personil dalam pelaksanaan pengamanan pilkades untuk bertindak sesuai sop pengamanan.

3. Dilarang turut campur dalam mekanisme pilkades.

4. Pergunakan ht dalam berkomunikasi dan melaporkan setiap perkembangan kegiatan pengamanan

Sebelum saya akhiri amanat ini, saya selaku kapolres tulungagung menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta apel semoga pengabdian yang kita lakukan dengan penuh keikhlasan ini menjadi catatan amal baik dihadapan tuhan yang maha kuasa, serta menjadi kontribusi positif, bagi terpeliharanya kamtibmas yang kondusif di Tabupaten Tulungagung.

Kegiatan selesai pukul 09.45 WIB dengan lancar dan sukses.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh :

1. Plt Bupati Tulungagung

2. Dandim 0807 Tulungagung

3. Perwakilan Kajari Tulungagung

4. Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung

5. Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung

6. Seluruh Kepala Opd Kab. Tulungagung

7. Para Pejabat Utama Polres Tulungagung

8. Para Pejabat Utama Kodim 0807 Tulungagung

9. Kepala BNN Kabupaten Tulungagung

10. Karumkit Bhayangkara

11. Kalapas Tulungagung

12. Waka Polres Tulungagung

13. Muspika Se Kabupaten Tulungagung

14. Para Peserta Apel Gelar Pergeseran Pasukan

Baca Juga

Peninjauan Kesiapan Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Tulungagung

Pada hari ini Senin (8/7/2019) Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Kapolres Tulungagung …