Home / Tulungagung Update / Sosialisasi Angkutan Tidak Dalam Trayek dan Angkutan Barang

Sosialisasi Angkutan Tidak Dalam Trayek dan Angkutan Barang

Pada hari ini Rabu (26/6/2019) Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Angkutan tidak dalam trayek dan angkutan barang yang bertempat di Ruang Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung yang diikuti oleh pengusaha angkutan barang se Kabupaten Tulungagung sebanyak 40 orang pengusaha.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung Drs. Maryani, MM yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa keselamatan dan pelayanan angkutan barang di jalan sangat penting dan dibutuhkan. Permasalahan di bidang transportasi darat semakin hari dirasakan semakin kompleks. Kita dihadapkan pada tantangan strategis yang semakin berat dan perlu disikapi secara bersama-sama demi menjawab harapan masyarakat terhadap kinerja insan perhubungan dalam memberikan pelayanan jasa bidang transportasi darat yang lebih baik. Salah satu permasalahan dalam moda pengangkutan darat adalah over dimention over loading (ODOL) atau truk kelebihan muatan. Permasalahan ini menimbulkan berbagai kerugian, mulai dari kecelakaan lalu lintas hingga kerusakan jalan.
Untuk itu dibutuhkan peran dan dukungan para Pengusaha dan Asosiasi untuk mewujudkan ketiadaan kelebihan dimensi dan muatan atau biasa kita sebut dengan (ODOL) Over Dimension Over Loading pada tiap angkutan barang.
Kelebihan dimensi merupakan suatu keadaan dimana dimensi pengangkut tidak sesuai dengan standar produksi pabrik. Sedangkan kelebihan muatan atau overloading adalah kondisi kendaraan mengangkut melebihi ketentuan yang berlaku.
Untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan angkutan barang di jalan, maka perlu adanya sosialisasi angkutan barang pada hari ini. Adapun kebijakan dalam
sosialisasi pada hari ini yaitu menyelenggarakan pelayanan transportasi yang lancar, aman, dan nyaman dengan
fasilitasi mempertimbangkan keselamatan, memberikan terhadap kepentingan umum dalam menggunakan fasilitas transportasi dengan mempertimbangkan ketentuan hukum dan peraturan daerah, memberikan jaminan keselamatan terhadap masyarakat berkaitan dengan pengoperasian sarana transportasi barang dengan melakukan peningkatan kapasitas Pengujlan Kendaraan Bermotor.
Atas terlaksananya sosialisasi ini, saya sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung menyampaikan terima kasih kepafa Bapak Kasatlantas Polres Tulungagung yang bertanggungjawab kepada keamanan di Kabupaten Tulungagung dan juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran pengusaha Angkutan tidak dalam trayek dan angkutan barang pada acara pagi ini.
Sebagai moderator Dr. Drs. H. Sukarji, M.Pd.I Kabid angkutan dan sarana Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung
Narasumber :
1. Kasi Patroli Lalu Lintas Polres Tulungagung Hendrik Kurniawan yang menyampaikan tentang Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan.
2. Kusno Setiawan sebagai penguji kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung menyampaikan bahwa diharapkan untuk kendaraannya diujikan agar bisa menjamin keselamatan perjalanan.
3. Farid Susanto Dinas Perhubungan Jawa Timur terkait peraturan menteri perhubungan nomor 69 Tahun 1993 tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang di Jalan

Baca Juga

Peninjauan Kesiapan Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Tulungagung

Pada hari ini Senin (8/7/2019) Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Kapolres Tulungagung …