Home / Tulungagung Update / Kejuaraan Pencak Silat Pra Porprov Jawa Timur Ke VI di Kabupaten Tulungagung

Kejuaraan Pencak Silat Pra Porprov Jawa Timur Ke VI di Kabupaten Tulungagung

Pada hari ini Rabu (1/5/2019) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat Pra Pekan Olah Raga Provinsi (PORPROV) ke VI di Kabupaten Tulungagung. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 4 Mei 2019 di GOR Lembu Peteng Jl. Soekarno-Hatta Tulungagung. Pembukaan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB.

Adapun undangan yang hadir antara lain :

1. Plt. Bupati Tulungagung

2. Dandim 0807 Tulungagung

3. Kapolres Tulungagung

4. Perwakilan Kejaksaan Negeri Tulungagung

5. Perwakilan Pengadilan Negeri Tulungagung

6. Ketua KONI Jatim

7. Ketua IPSI Jatim

8. Ketua KONI Tulungagung

9. Ketua IPSI Tulungagung

Acara diawali dengan laporan dari Ketua IPSI Kabupaten Tulungagung yang sekaligus juga sebagai Ketua Panitia Pelaksana Ir. Suharto menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah penjaringan atlet-atlet pencak silat Provinsi Jawa Timur yang akan dipertandingkan pada PORPROV Jatim VI – 2019 Cabang Olahraga Pencak Silat di Kabupaten Lamongan. Dan dihasil yang ingin dicapai yaitu diperolehnya atlet-atlet berprestasi sampai per delapan besar dari 22 klas yang dipertandingkan. Kejuaraan ini diikuti oleh 520 atlet pesilat dari 37 Kota/Kabupaten di Propinsi Jawa Timur.

Acara pembukaan dihadiri oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM menyampaikan telah kita ketahui bersama, bahwa Pencak Silat merupakan produk kekayaan budaya asli bangsa Indonesia, yang diciptakan dan diwariskan oleh para leluhur nenek moyang kita, telah memiliki kekayaan nilai filosofi dan filsafat yang tinggi sebagai identitas kepribadian bangsa Indonesia untuk membentuk eksistensi manusia yang berkarakter dan berbudi pakerti luhur, sebagai ajang silaturahmi dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang harus dilestarikan, diuri-uri, dikembangkan, dipromosikan dan dipopulerkan keberadaannya secara berkelanjutan. Disamping itu pencak silat saat ini termasuk salah satu cabang olah raga asli bangsa Indonesia yang tidak hanya dipertandingkan baik di kejuaraan pencak silat tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional saja, bahkan olah raga pencak silat sudah dipertandingkan di kancah skala Asia Tenggara, Asia maupun dunia internasional. Diharapkan mendatang Cabang Olah Raga Pencak Silat sudah bisa masuk pada Kejuaraan Olimpiade, Amin YRA. Bahkan perlu kami sampaikan bahwa bangsa Indonesia patut berbangga yaitu pada kejuaraan Asean Games ’18 yang lalu Cabang Olah Raga Pencak Silat adalah cabang olah raga yang mampu membawa nama harum bangsa Indonesia yang paling banyak memperoleh penghargaan dibanding cabang olah raga yang lainnya, bahwa atlet-atlit pencak silat bangsa Indonesia telah mampu menyabet medali emas terbanyak dengan memperoleh 14 medali emas dari 16 emas yang dipertandingkan. Ini sangatlah Luar biasa.

Sebagai wujud turut serta Pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam melestarikan pencak silat yang merupakan produk budaya asli bangga Indonesia dan Pencak silat sebagai salah satu cabang olah raga yang sudah dipertandingkan di kancah dunia, kami bangga dan senang ditunjuknya Tulungagung sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Kejuaraan Pencak Silat Pra Porprov Jatim ke VI ini, Pemkab. Tulungagung : (1) Bersama Pemprov Jatim siap mengawal bersama, siap sharring anggaran bersama, siap kerjasama yang baik, agar acara nanti dapat terselenggara dengan lancar, aman, tertib, terkendali hingga sukses. (2). Di ajang kejuaraan ini selain hanya dipersiapkan untuk ditindak lanjuti di Kejuaraan PORPROV JATIM ke VI di Lamongan, para atlet pesilat Jatim ini kami berharap juga agar bisa meningkatkan kemampuannya, pengetahuannya, pengalamannya, mentalnya. Lebih lanjut kita sebagai masyarakat Jawa Timur akan lebih bangga dan lebih senang lagi jika atlit – atlit pencak silat Jawa Timur mau dan mampu berprestasi tidak hanya di tingkat provinsi, nasional, Asia Tenggara maupun Asia saja, bahkan diharapkan mampu membawa harum nama bangsa Indonesia memperolah prestasi di tingkat dunia internasional.

Acara pembukaan selesai pukul 10.00 WIB dengan lancar dan sukses.

Baca Juga

Buka Puasa Bersama Yatim dan Dhuafa

Pada hari ini Sabtu (18/5/2019) Yayasan Yatim Mandiri Cabang Tulungagung dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaksanakan …